ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Tuesday 6 November 2007

PP 41 Tahun 2007, sekcam & kabid = esl III/b

PERATURAN PEMERINTAH NO. 41 TAHUN 2007 : SEKCAM & KABID = ESELON III/B

Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2003 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah, walaupun belum sepenuhnya diterapkan oleh daerah, kini di revisi kembali oleh Pemerintah Pusat. Keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tanggal 23 Juli 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah sebagai pengganti PP No. 8 Tahun 2003, kembali membuat perubahan pada struktur kelembagaan / organisasi perangkat daerah di seluruh Indonesia. Selain pembatasan struktur organisasi perangkat daerah melalui penghitungan skor daerah dengan indikator jumlah penduduk, luas wilayah dan jumlah APBD; terjadi perubahan eselonering di badan/dinas dan kecamatan. Khusus untuk jabatan Sekretaris Camat (Sekcam) yang semula eselon IV/a pada PP No. 41 Tahun 2007 dinaikkan menjadi eselon III/b, sedangkan jabatan kepala bidang (kabid) di dinas dan badan yang semula eselon III/a diturunkan menjadi eselon III/b, sama dengan eselon seorang sekcam (pasal 35 : 4). Namun bagi kepala bidang yang sudah menduduki jabatan sebelum penerapan PP No. 41 Tahun 2007, tetap menduduki eselon III/a (tidak diturunkan menjadi eselon III/b) tetapi bagi kepala bidang yang baru dilantik setelah penerapan peraturan pemerintah ini akan dilantik dalam jabatan eselon III/b. Selain itu, Peraturan ini juga mengakomodir eselonering bagi staf ahli menjadi eselon II/a di provinsi dan eselon II/b di kabupaten/kota.

Untuk lebih memahami Peraturan Pemerintah ini, Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi mengadakan Sosialisasi atas Peraturan tentang Pedoman Kelembagaan Perangkat Daerah Tahun 2007. Sosialisasi yang dilaksanakan selama satu hari ini menghadirkan nara sumber dari Biro Organisasi Setjen. Depdagri (Drs.Edward Sigalingging,M.Si) dan dari Biro Ortala. Setda. Provinsi Sumatera Utara. Menurut Drs.JM.Silalahi (Kepala Bagian Ortala. Setda. Kabupaten Dairi) jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi 100 orang terdiri dari kepala SKPD, KTU Badan, Dinas dan para Kepala Bagian dilingkungan Sekretariat Daerah. JM. Silalahi mengatakan harapan dan tujuan dari sosialisasi ini adalah agar peserta memahami berbagai perubahan kebijakan pemerintahan sebagai perwujudan dari reformasi birokrasi dan secara khusus memahami dasar pemikiran dan esensi dari PP No. 41 Tahun 2007. Sedangkan sasarannya agar peserta dapat memberikan masukan, pemikiran dan pertimbangan teknis sebagai bahan pengkajian perumusan kebijakan dalam rangka penataan organisasi perangkat daerah Kabupaten Dairi di masa yang akan datang. Materi yang disampaikan kepada peserta mengenai implementasi PP No. 41 Tahun 2007 dan langkah-langkah kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyikapi terbitnya PP No. 41 Tahun 2007. Menurut PP No. 41 Tahun 2007 Pasal 51, bahwa pelaksanaan penataan organisasi perangkat daerah berdasarkan PP No. 41 Tahun 2007 ini dilakukan paling lama 1 (satu) tahun sejak Peraturan Pemerintah ini diundangkan yaitu tanggal 23 Juli 2007; jika berpedoman pada Pasal 51 ini, seluruh provinsi / kabupaten / kota se-Indonesia sudah harus menerapkannya paling lambat tanggal 23 Juli tahun 2008, tegas JM.Silalahi. (K-8).

6 comments :

Anonymous said...

Your style is unique in comparison to other people I have read stuff from.
Thanks for posting when you've got the opportunity, Guess I will just bookmark this site.
Here is my web page - best tv commercials

Anonymous said...

Hi i am kavin, its my first time to commenting anywhere, when i read this piece of writing i thought i could also make comment due to this sensible piece of
writing.
Have a look at my blog post : The Tao of Badass Review

Anonymous said...

I'm not sure exactly why but this blog is loading very slow for me. Is anyone else having this issue or is it a issue on my end? I'll check back later on and see
if the problem still exists.
Feel free to surf my homepage : click through the next article

Anonymous said...

I will right away clutch your rss as I can not to find your e-mail subscription link or e-newsletter service.
Do you've any? Kindly allow me recognize so that I could subscribe. Thanks.
Also visit my blog ... penilarge opinie

Anonymous said...

I am really impressed along with your writing talents as smartly as with the
layout on your weblog. Is this a paid theme or did you modify it yourself?
Anyway keep up the excellent high quality writing, it is uncommon to see a nice blog like this one today.
.

Also visit my page - Green tea weight loss

Anonymous said...

Greetings! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I truly enjoy reading through your posts.
Can you recommend any other blogs/websites/forums that go over the same topics?

Thanks a ton!

Stop by my web blog; FDA approved diet and appetite suppressors in Miami