29 May 2009

PNPM-MP Desa Lae Panginuman


KEHADIRAN PNPM Desa Lae Panginuman Kecamatan Silima Pungga-Pungga Kabupaten Dairi sangat menggembirakan warga desa terutama dusun Siantar Matio. Pelaksanaan pembukaan jalan tersebut mulai dilaksanakan warga Desa Lae Panginuman sejak hari Kamis (27/4) yang hadir lebih kurang tujuh puluh orang, dengan upah Rp 5000/jam sedang pengguna jalan dan pemanfaat yang berada dilokasi pembukaan 172 orang. Besar harapan masyarakat setempat agar dapat dihubungkan dengan jalan lingkar ke dusun Takal Lae Desa Pangaroan kemudian hari... Dengan kehadiran pembukaan jalan tersebut nantinya dapat tertolong untuk menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dalam pengangkutan warga masyarakat nantinya, sebab lahan pertanian warga sangat jauh dari pemukiman masing-masing warga. Pembukaan jalan tersebut menurut Ketua TPK, Januaris Simbolon disambut hangat bagi warga Dusun Siantar Matio. Masyarakat setempat dapat bekerja selama masih dalam pelaksanaan terutama bagi warga masyarakat yang ahli dalam pekerjaan pemasangan tembok penahan dan pemasangan paret, menurut rencana nantinya setelah dimulai pembukaannya akan dilanjutkan dengan menggunakan alat berat.
Read More..

PT Indo Yusesa Kerjasama Koperasi

UNTUK menampung komoditi pertanian Dairi dalam waktu dekat, eksportir PT Indo Yusesa direncanakan akan mengadakan kerjasama dengan Koperasi yang ada di Kabupaten Dairi. Hal ini akan membawa nilai positif terhadap para petani lokal dan diharapkan juga melalui kerjasama perkoperasian Dairi dapat berkembang serta dapat membantu masyarakat petani untuk memasarkan hasil pertanian mereka.Demikian dikatakan Kadis Deperindagkop Kabupaten Dairi Abdul Muin Lubis Rabu pekan lalu ...di kantornya. Menurutnya bentuk kerjasama dimaksud adalah bahwa eksportir tersebut sudah bersedia untuk melakukan kerjasama menampung beberapa jenis komoditi pertanian masyarakat sesuai dengan kebutuhan perusahaan pengekspor tersebut. Namun eksportir itu tidak mau terjun langsung untuk membeli hasil pertanian warga tetapi diharapkan koperasilah yang akan menampung komoditi dimaksud, ujarnya Kadis Deperindakop Kabupaten Dairi mengatakan apabila kerjasama ini nantinya sudah berjalan maka diharapkan kepada para petani di Dairi agar membantu pemerintah daerah untuk mendukung kerjasama tersebut dengan kata lain supaya hasil pertanian warga dijual melalui koperasi yang sudah ada. Berdasarkan jumlah koperasi yang masih aktif hingga sekarang sekitar 114 yakni masih mampu untuk menampung komoditi pertanian masyarakat. Semoga upaya kerjasama yang dilakukan koperasi dengan eksportir tersebut mendapat dukungan dari masyarakat. Sehingga besar harapan perkoperasian Dairi dapat berkembang dan kesejahteraan masyarakat petani juga akan membaik.
Read More..

Air Minum di Desa Sinar Pagi Dairi

SEBAGAI wujud tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility), PT Dairi Prima Mineral (DPM), akan membangun prasarana air bersih dengan perpipaan di area ekpolrasi Desa Sinar Pagi kecamatan Tanah Pinem. Hal tersebut dijelaskan Bangun Simamora selaku Manager CRD. Bangun Simamora, mengatakan bahwa program CSR airi bersih ini adalah lanjutan dari CSR sebelumnya yang diberikan dalam program perbantuan, pembuatan jembatan penghubung antar Dusun Aek Manuruk Desa Sinar Pagi Tanah Pinem. Menurutnya, sumber air akan diambil dari mata air gunung payung, kemudian didistribusikan dengan perpipaan ke Dusun Blok Barat Desa itu. Dikatakan, ke depan program CSR akan dilanjutkan apabila hasil eksplorasi dan study kelayakan menyimpulkan bahwa area prospek ini layak dan siap untuk ditambang... Selamat deh...
Read More..

SMP Negeri di Bukit Baru Dairi

PEMBANGUNAN Gedung SMP Negeri di Desa Bukit Baru Kecamatan Pegagan Hilir Kabupaten Dairi disyukuri warga. Walau sedang tahap pengerjaan fisik, masyarakat menyambut positif kegiatan itu dimana pada Tahun Ajaran 2009 ini penerimaan siswa baru akan di mulai. Penyediaan fasilitas tersebut, menurut kepala tukang yang juga penduduk setempat Jamer Simbolon ditangani secara swakelola berbiaya Rp 1,2 Milliar bersumber dari APBN. Tempat ruangan belajar akan didirikan ditambah sarana lain. Itu juga sekaligus memberi kesempatan kepada warga sebagai lowongan kerja walau sifatnya temporer. Dijelaskan, penduduk penalangi penyediaan lahan seluas 1 Hekter senilai 27 Juta. Sedang dari pihak Pemerintah bertugas dalam penyediaan fisik. Diproyeksikan, infrastruktur itu rampung Bulan Juni ini Disebutkan, sekarang ... memang ada SMP Filial dibuka tahun 2008 tetapi daya tampungnya hanya 65 orang. Sehubungan itu, siswa lainnya terpaksa sekolah ke desa di seberangnya berjarak 6 Kilometer yakni SMP Swasta Sumbul Karo Kecamatan Tigalingga dan SMP swasta Lingga Kecamatan Pegagan Hilir. Seiring itu, penduduk menyampaikan apresiasi atas kerja keras berbagai kalangan di antaranya Ketua DPRD Dairi Leonard Samosir dan Richard Eddy Lingga yang memberi atensi bagi pengembangan sumber daya manusia dimaksud. Penduduk berharap, penerimaan siswa baru tidak menerapkan kriteria yang terlalu kaku agar seluruh anak desa bisa sekolah di sana. Dicontohkan, kalau daya tampung normatif ruangan 40 orang per kelas, memberi toleransi hingga 45 orang di nilai amat bijak agar tidak ada pelajar yang terdiskriminasi.
Read More..

PDAM Tirta Nciho 1,8 M

PDAM Tirta Nciho Sidikalang pada tahun anggaran 2009 ini memperoleh Rp 1,8 milliar dana stimulus Infrastruktur dari pemerintah Pusat. Dana tersebut rencananya diperuntukkan memperbaiki jaringan perpipaan di kota Sidikalang serta perbaikan jaringan air baku di beberapa kawasan di Kabupaten Dairi. Hal tersebut disampaikan Dirut PDAM Tirta Nciho Ir. Raffael Ginting, Senin (11/5) di kantornya. Untuk operasional perusahaan, kata Rafael Ginting dana Stimulus, dana APBN, bantuan dan semacamnya itu sangat dibutuhkan karena dana dari APBD Kabupaten Dairi ... terbilang sangat kecil. Karena itulah, pihaknya sejak tahun lalu aktif menjolok dana dari pusat dan hasilnya pada TA 2009 ini PDAM Tirta Nciho memperoleh Rp 11 Milliar dari APBN TA 2009 untuk pengadaan sumber air baku dan pada semester II TA 2008 lalu diperoleh Rp 4,5 Milliar untuk rehap IPA Disebutkan, pihaknya berkomitmen pada tahun 2009 ini sudah bisa memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan. Jika selama ini air dari PDAM keruh dan banyak mengecewakan pelanggan, pada tahun ini diharapkan tidak ada lagi keluhan seperti itu karena kualitas air sudah demikian baik, ujarnya. Menurutnya, seiring dengan akan diperbaikinya kualitas pelayanan kepada pelanggan, direncanakan pertengahan tahun ini tarif dasar air dinaikkan dari Rp 450/m2 menjadi Rp 1.700 per/m2. Soalnya tarif 450 itu sudah berlangsung sejak 1993 dan belum pernah dinaikkan. Adapun jumlah pelanggan PDAM TirtaNciho saat ini tercatat sekitar 6.500.
Read More..

Himbau BK Plat Kuning Menjadi Plat BB

DINAS Perhubungan Kabupaten Dairi menghimbau agar kendaraan angkutan kota yang masih memiliki BK plat kuning hendaknya diganti menjadi plat kuning BB, himbauan tersebut disampaikan kepada seluruh Direksi perusahaan angkutan kota dan pemilik angkutan yang bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perhubungan. Himbauan sudah disampaikan kepada yang berkopenten, agar segera melakukan perubahan tentang plat yang masih memakai BK, ujar Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Drs. Wesly P. Manullang didampingi Kabid Perhubungan R. Simbolon, Kamis (14/5), dikatakan juga penyeragaman plat kuning BB untuk angkutan kota sangat diperlukan karena berdampak kepada PAD Kabupaten Dairi. Selain angkutan kota yang mendapat himbauan, Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika juga telah menghimbau kepada pemilik Becak Motor dan pemilik mobil/truk yang mengangkut angkutan agar segera memakai plat kuning BB, apalagi jumlah kendaraan angkutan pada saat ini semakin tinggi... Himbauan tersebut masih dilakukan toleransi dalam jangka waktu satu bulan untuk melaksanakannya. Terhadap angkutan Antar Kota Dalam Propinsi maupun Angkutan Antar Kota Antar Pro-Pinsi masih dilakukan penjajakan dengan cara kordinasi terhadap Dinas Perhubungan PropSu, Kapoldasu dan Kakanwil Samsat Sumatera Utara tentang mekanisme pelaksanaannya. Disamping penertiban plat kuning BK menjadi BB dan plat hitam menjadi plat kuning, Pemkab Dairi juga melakukan penertiban terhadap retribusi parkir, retribusi terminal, retribusi ijin trayek dan retribusi penerimaan lainnya, yang secara keseluruhan menambah PAD, kata Kadis Hubkominfo.
Read More..

Diklat Lahirkan Jiwa Bisnis

KEGIATAN pendidikan dan latihan keterampilan bagi beberapa warga desa Sipoltong Kecamatan Siempat Nempu Hilir dirasakan memberi manfaat nyata. Gordon Aritonang, Kepala Desa Sipoltong Selasa (12/5) menjelaskan, setelah menjalani pelatihan pembuatan paving blok akhir tahun 2008 diselenggarakan UPTD SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Dairi pihaknya sudah bisa menjual produk itu dengan mutu dan harga bersaing, jiwa bisnispun lahir.Dikatakan, sembilan peserta awal berhasil menyelesaikan studi itu. Hasilnya melalui kerjasama tim beranggotakan sembilan personil mampu memproduksi 1763 buah paving blok per hari. Per potong dipasarkan seharga Rp 1800. Pekerja mendapat jasa Rp 200 per potong dimana dari kalkulasi sementara per orangnya mengantongi Rp 800 Ribu per minggu, penjualan dimulai tiga pekan kemarin. Saat ini, kata Gordon Aritonang kelompok ini mendapat order ke SMP Negeri Gunung Sitember, SMP N. 3 LAu Pakpak Kecamatan Tigalingga dan memenuhi permintaan pengusaha bahan bangunan di Sidikalang... Diakui, daya tampung pekerja dan produktivitas masih kecil namun dinilai punya prospek pasar seiring perkembangan seni dan imaginasi perumahan. Melalui kesempatan itu, paling tidak waktu luang sudah berkurang sekaligus mendapatkan uang. Rosema Silalahi Kepala UPTD SKB Dairi mengatakan, unit kerja ini fokus pada substansi yang bernilai guna bagi masyarakat. Diakui tahun 2008, hanya kelompok itulah dibina khusus pada teknik pembuatan bahan bangunan. Sedang sebelumnya, pembinaan usaha sablon, computer telah dilakukan dan terbukti melahirkan pengusaha mandiri. Pendidikan non formal dirasakan mendorong tumbuhnya semangat wiraswasta dengan memanfaatkan peluang dan potensi yang ada. Sekarang lembaga ini juga membina lebih 10 unit kelompok Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 25 tutor ditugaskan melakukan pelayanan kepada anak-anak agar sedini mungkin daya nalarnya berkembang. Kegiatan itu seluruhnya ditanggulangi APBD Kabupaten.
Read More..

Bupati Dairi Kunjungan Kerja

BUPATI DAIRI - KRA. Jhonny Sitohang Adinegoro dan Wakil Bupati Irwansyah Pasi SH kunjungan kerja ke Kecamatan Siempatnempu dan Laeparira, Senin (18/5). Kunker dimaksudkan untuk menyampaikan program dan visi misi pasangan bupati/wakil bupati, sekaligus melihat kondisi masyarakat di pedesaan. Dalam kegiatan Kunker tersebut, Bupati dan wakil bupati didampingi para Kepala Badan, Dinas, Kantor, Kabag, Asisten dan Pejabat Pemkab lainnya. Di Kecamatan Siempatnempu, kegiatan Kunker dipusatkan di halaman SD 033925 Desa Sinampang Siempatnempu, sedangkan di Kecamatan Laeparira, acara dipusatkan di Desa Kentara. Dalam arahannya di masing-masing lokasi Kunker, Jhonny Sitohang mengatakan Kunker pejabat yang baru dilantik merupakan hal yang wajar sebagai sarana untuk memperkenalkan diri, memaparkan program dan visi misi agar segenap elemen masyarakat dapat berjalan seiring dengan pemerintah untuk kegiatan pembangunan... Namun karena Bupati dan Wakil Bupati periode 2009-2014 sebenarnya bukan orang baru di Dairi sehingga relatif sudah dikenal hampir semua orang, inti kegiatan Kunker adalah memaparkan program ‘Bekerja untuk rakyat’ serta melihat langsung kondisi masyarakat di pedesaan, bahkan di pedalaman. Karena itulah, kata Bupati, Kunker dipusatkan tidak di kantor camat setempat, melainkan di dusun atau desa. Tujuannya agar dapat lebih mengetahui kondisi masyarakat serta prasarana dan infrastruktur di desa. Lebih lanjut Bupati juga meminta segenap masyarakat bisa bersatu kembali dan tidak terkelompok-kelompok, serta ikut membangun Dairi pasca pilkada karena persaingan telah selesai. Berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat di pedesaan mengemuka dalam tatap muka Bupati Dairi KRA Jhonny Sitohang Adinegoro dan Wakil Bupati Irwansyah Pasi, SH dengan ratusan warga dalam kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati ke Desa Gunung Sitember Kecamatan Gunung Sitember dan Dusun Pertumbungen Desa Sarintonu Kecamatan Tigalingga, Senin (25/5).Hampir seragam, pertanyaan dan keluhan disampaikan warga dalam pertemuan di dua desa itu antara lain soal pengurusan KTP yang masih harus ke Sidikalang, buruknya infrastruktur seperti jalan ke desa-desa, kurangnya gedung sekolah, pipa air bersih yang sudah rusak, kelangkaan pupuk, tidak adanya ambulans di Puskesmas dan lainnya. Ginting, warga Desa Gundaling (satu dari tiga desa tertinggal di Kecamatan Gunung Sitember) mengatakan, begitu parahnya jalan ke desanya hingga rombongannya harus berangkat pukul 05.00 WIB dari desa untuk menuju ke tempat acara kunker Bupati. “Kalau rombongan pak Bupati mungkin tadi berangkat dari Sidikalang jam 08.00 pagi, tapi kami terpaksa berangkat tadi jam 05.00 pagi dan sampainya tidak berjauhan,” ujarnya menggambarkan betapa rusaknya jalan ke desanya. Karo-karo, seorang warga lain mengeluhkan tidak adanya SMA di Kecamatan Gunung Sitember. Sementara Sitanggang mengatakan masyarakat mengeluh karena masih harus mengurus KTP ke Sidikalang yang sangat jauh dari desa mereka. Padahal pihak Pemkab beberapa waktu lalu sudah menjanjikan pengurusan KTP secara online dan warga cukup datang ke kantor camat masing-masing.Menanggapi beragam keluhan dan pertanyaan warga, Bupati dan Wakil Bupati dibantu kepala dinas terkait menjelaskan, pada dasarnya pihaknya akan berupaya mewujudkan visi misi ‘Bekerja untuk rakyat’ dan diakui tugas untuk itu tidaklah ringan, ditandai dengan banyaknya persoalan dan keluhan itu. Bupati mengatakan mulai Juli ini diharapkan pengurusan KTP, kartu keluarga dan semacamnya sudah bisa dilakukan di kantor camat masing-masing, warga tidak perlu lagi ke Kantor Kependudukan di Sidikalang karena pengurusannya secara online dari kecamatan ke kabupaten. Soal ambulans, setelah sempat meminta penjelasan Kadis Kesehatan Dairi dr Nenny br Sianturi, kata Bupati akan diberikan satu unit ambulans untuk puskesmas setempat sehingga bila ada pasien darurat perlu segera dibawa ke Sidikalang atau Tigalingga bisa dilayani dengan baik. Soal belum adanya SMA di Gunung Sitember, lanjut Jhonny Sitohang yang sempat meminta Kadis Pendidikan Drs Datulam Padang maju ke mimbar mendampinginya memberikan penjelasan, diharapkan akan dibuka secepatnya meski sebenarnya saat ini pembukaan SMK lebih diprioritaskan. Bupati dan wakil bupati juga memberikan penjelasan soal jalan rusak dan kelangkaan pupuk. Turut hadir, para kepala dinas, kantor, badan, kabag, asisten, staf ahli bupati, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan Muspika setempat termasuk Camat Gunung Sitember Ida Sihombing, Camat Tigalingga Suasta Ginting, Kapolsek Tigalingga Iptu Hasibuan, Danramil Kapten Inf Tambunan dan undangan lainnya. Acara juga dirangkaikan dengan penyematan seperangkat pakaian adat kepada Bupati/Wakil Bupati didampingi isteri.
Read More..

Kakao Kian Berkembang di Dairi

BUDIDAYA tanaman Kakao atau Coklat kian berkembang di Kabupaten Dairi. Petani di Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Gunung Sitember, Tanah Pinem, Tigalingga, Lae Parira, Berampu dan Siempat Nempu Hilir banyak mengkonversi lahan dari sebelumnya di usahai komoditas Kopi.Sahrir Berampu penduduk Sidikalang yang berladang di Kilometer 7,5 Sungai Raya Kecamatan Siempat Nempu Hulu ditemui, Rabu (13/5) mengatakan, menggeluti tanaman itu dinilai lebih menguntungkan dibanding menekuni kopi. Dua setengah tahun setelah tanam sudah bisa dipanen dan pemetikannya rutin rata-rata setiap dua minggu.Dengan populasi 400 pohon, dia telah mengambil hasil sebanyak Rp 3 juta kurun waktu dua bulan kemarin. Baginya, kopi tergolong merepotkan dalam perawatan dimana pekerjaan tiada henti. Ketika tunas di buang, tunas baru justru muncul lebih banyak dan panen raya hanya hanya dua kali dalam setahun... Gordon Aritonang, Kepala Desa Sipoltong Kecamatan Siempat Nempu Hulu memprediksi dua tahun kedepan Dairi bakal menjadi sentra Kakao rakyat. Sepengetahuannya, luasannya bertambah signifikan dimana batang durian tua dan kopi banyak di tebang lalu diganti coklat.Pasar sangat terbuk, proses panen dan pasca panen relatif ringan. Kadang kala kalau harga di Medan mencapai Rp 24.500 per kilogram tetapi toke berani mengambil Rp 24.000 di tingkat petani. Paling jauh perbedaan itu Rp 1.000 untuk ongkos tansportasi.Guna merespons aspirasi masyarakat, Gordon mengusulkan agar pemerintah daerah membuka hati bagi pengadaan bibit unggul atau bersertifikasi. Pasalnya, lembahnya pemahaman warga terhadap sumber bibit berdampak pada rendahnya produktivitas. Contoh, perbedaan Morfologi bibit keluaran PT Socfindo dengan bibit sembarang sangat nyata. Daun bibit unggul lebar dan segar dan buahnya lebih besar dan rame.Dalam hal perawatan, dipindahkan agar instansi terkait memberi penyuluhan. Terhadap metode pengendalian hama penyakit dan perawatan terhadap pemangkasan masih belajar kepada sesama teman. Bimbingan teknis amat diperlukan.
Read More..

28 May 2009

Info Beasiswa S-2 & S-3 Perancis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendaftaran Bourses du Gouvernement Francais (BGF) atau Beasiswa dari Pemerintahan Perancis tahun 2010 untuk jenjang S-2 dan S-3 siap dibuka kembali pada November 2009 mendatang.Hal itu diungkapkan oleh Asisten Campus France Indonesia, Anton Hilman, di Jakarta, Kamis (28/5). Anton mengatakan, beasiswa BGF diberikan kepada pejabat pemerintah, dosen, serta mahasiswa, khususnya kepada mereka yang terlibat dalam program kerja sama antara negara Perancis dan Indonesia. "Sebelum diberangkatkan ke Perancis mereka akan mendapat pelatihan Bahasa Perancis di Jakarta selama setahun," kata Anton. Anton menambahkan, Pemerintah Perancis, melalui kedutaan besarnya di Jakarta, telah memberikan beasiswa untuk warga negara Indonesia selama lebih dari 28 tahun... Hilman menuturkan, persyaratan utama memperoleh beasiswa itu di antaranya adalah keterampilan komunikasi yang baik dalam bahasa Inggris, baik itu lisan maupun tulisan (IELTS 6.5), Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,0 untuk jurusan eksakta, serta 3,5 untuk non-eksakta.Selain itu, tambah Anton, hal lain yang tidak kalah penting dari semua persyaratan adalah orientasi studi saat berada di Perancis. Dia mengatakan, prioritas beasiswa akan diberikan kepada mereka yang menekuni bidang studi seperti rekayasa (manajemen air, agronomi, teknik sipil, teknologi informasi), ilmu pengetahuan (bioteknologi, komunikasi, lingkungan hidup, risiko bencana dan manajemen, energi), administrasi, ekonomi, hukum, dan ilmu politik. Informasi lainnya, kata dia, cakupan beasiswa tersebut meliputi biaya pendidikan dan ongkos hidup selama setahun mengikuti kursus intensif bahasa Perancis, tunjangan hidup bulanan, satu tiket pulang ke Tanah Air, dan asuransi.Anda yang tertarik, informasi selanjutnya bisa dilihat di situs mereka, http://www.indonesia.campusfrance.org/.
Read More..

25 May 2009

SULITNYA BERPIKIR & BERJIWA BESAR

DIBANYAK strata masyarakat, mulai dari kelas pencopet termasuk pengangguran, penyapu jalanan, wiraswasta, politikus, pejabat pemerintah, kepala keluarga dan termasuk menjadi tetangga sebelah rumah; sikap ini sangatlah dibutuhkan. Kebetulan aku ada beli buku dengan Judul " The Magic of Thinking Big". Beberapa bahasan seperti :Percaya Anda Dapat Berhasil, maka Andapun akan Benar Benar Berhasil - Sembuhkan Diri Anda dari Dalih, Penyakit Kegagalan - Bangun Kepercayaan dan Hancurkan Ketakutan - Bagaimana Berpikir Besar - Bagaimana Berpikir dan Bermimpi Secara Kreatif .... Anda adalah Apa yang Anda Pikirkan Mengenai Diri Anda - Atur Lingkungan Anda, Gunakan yang Kelas Satu - Jadikan Sikap Anda Sekutu Anda - Berpikir Benar tentang Orang Lain - Dapatkan Kebiasaan Bertindak - Bagaimana Mengubah Kekalahan Menjadi Kemenangan - Gunakan Tujuan untuk Membantu Anda Bertumbuh - Bagaimana Berpikir Seperti Pemimpin - Bagaimana Menggunakan Mukjizat Berpikir Besar di Dalam Situasi Kehidupan yang Paling Kritis. Ini adalah semua item bahasan....berharap segera deh baca dan pahami buku ini...semoga yach..
Read More..

24 May 2009

Politik Bawang Merah & Birokrasi Bawang Putih

PAGI ini tidak tau darimana datangnya, terpikir olehku untuk membuat sebuah artikel tentang Politik Bawang Merah dan Birokrasi Bawang Putih. Pemikiran ini timbul dari semakin ribetnya birokrasi yang bercampur baur dengan aksi politik. Cerita Bawang Merah dan Bawang putih ...yang merupakan legenda masyarakat Indonesia sudah melekat dalam pikiran kita. Sosok Bawang Merah diidentikkan dengan aksi dan reaksi jahat yang selalu mau menang sendiri dan acapkali bertindak benar menurut dirinya sendiri. Berbeda dengan Bawang Putih, seorang gadis yang malang dan terus tersiksa, ditindas dan selalu mengalah tak berdaya. Bagaimana bila di analogikan cerita Bawang Merah dan Bawang Putih ini ke Politik dan Birokrasi. Mudah mudahan ada ide briliant hari ini. Semoga draft ide pengembangan dapat lahir siang ini ya.
Read More..

15 May 2009

Mengintip "Perkawinan" CAPRES

CALON PRESIDEN & Wakil Presiden Indonesia sudah di deklarasikan. Berbagai prediksi dan spekulasi terjawab sudah. Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu SBY - Budiono / Megawati - Prabowo / JK - Wiranto. Gambaran perpaduan ketiga pasangan ini melukiskan banyak kelebihan dan kekurangan masing masing. Menarik dicermati sebab sosok capres maupun wapres yang muncul adalah representasi serta akumulasi perjuangan politik setiap partai baik untuk kursi di parlemen maupun persentasi menteri kabinet. Sungguh luarbiasa penampakan tarik ulur kepentingan politik partai demi meraih sebuah kekuasaan. Melongok pasangan capres dan wapres, beberapa kajian.. merdeka sudah tergambar dari masing masing koalisi dan pasangan. Komentar menarik dilontarkan Direktur LembagSurvey Indonesia (LSN) yang menyebutkan ketiga pasangan capres itu memiliki “Prosesi Pernikahan" yang berbeda-beda. Pasangan SBY-Budiono disebut "Kawin Tanpa Restu", Megawati-Prabowo disebut "Kawin Paksa" dan JK-Wiranto disebut "Kawin Suci". Suka atau tidak, lakon ketiga pasangan Capres jelas dipertontonkan dan itulah kesimpulannya. PASANGAN SBY - BOEDIONO. Komentar di media massa, pasangan “SBY BERBUDI“ ini disebutkan pasangan "Kawin Tidak Direstui". Tanpa bisa dipungkiri, dibalik kekuatan persentase koalisi perolehan suara Pemilu Legislatif yang mencapai 46,79% dengan jumlah kursi DPR-RI 314 dari 560 Kursi, (Perolehan Suara Demokrat, PAN, PPP, PKS, dan PKB) menguasai lebih setengah suara di parlemen. Secara matematika, bila rakyat Indonesia yang pada Pemilu Legislatif memilih koalisi partai pendukung SBY ini,maka jumlah 46,79% akan membawa pasangan capres SBY-Boediono sebagai pemenang dalam satu putaran saja; apalagi dengan kekuatan 23 partai pengusung SBY. Prediksi dibaca melihat hasil Pemilu Legislatif dan bukanlah hal yang mustahil bila kondisinya berubah. Alasannya cukup masuk logika, pada masa pemilihan umum legislatif, masing-masing caleg dituntut berjuang untuk pintar-pintar di depan masyarakat agar dipilih dalam kotak pemungutan suara. Setiap caleg memiliki kekuatan emosional sendiri yang mampu membangkitkan berbagai strata masyarakat yang akhirnya memilih dirinya. Tetapi bila pada pemilihan umum presiden, hanya sosok calon presiden dan calon wakil presiden yang menjadi fokus interest. Walaupun disebut "Kawin Tanpa Restu" dari partai pendukungnya, tetapi episode sinetron yang diperankan setiap pimpinan partai yang ikut berkoalisi, tetap menebar senyum. Inilah gaya politik yang acapkali di dilakukan dan sepertinya SBY atau Demokrat tutup mata. Tidak bisa disangkal, Demokrat lah yang menjadi nahkoda sekaligus kapten kapal dalam koalisi ini, jadi apapun hasrat keinginan penumpang yang ikut dalam kapal itu, sang nahkoda tetap berwenang dan memiliki kuasa penuh menjalankan kapal kemanapun. Bila sang penumpang kapal tidak setuju saat sudah berlayar di "tengah laut", adalah mustahil mereka akan lompat ke "laut" sebab ada banyak "ikan hiu" serta ujung pantai tanpa batas akan melenyapkan mereka dari panggung politik. Apapun peran yang sedang dilakukan para partai pendukung SBY-Boediono, pada akhirnya mereka tidak ada pilihan harus mengaminkan apa kata SBY dengan harapan munculnya kesepakatan dan perhatian lebih ketika pembagian kue kabinet, nanti. Peluang memenangkan Pilpres didapatkan bila pasangan ini lebih mengintensifkan kampanye dan pendekatan kepada pemilih di belahan indonesia timur yang banyak di kuasai JK juga Megawati. Pasangan SBY-Boediono adalah pasangan Jenderal Bintang 4 penyandang gelar Doktor dari Institut Pertanian Bogor serta Boediono, seorang ekonom dari kalangan kampus yang menyandang gelar Guru Besar atau Profesor. Dari dua pasangan Capres lainnya, hanya pasangan ini yang merepresentasikan dirinya sebagai bahagian dari strata masyarakat kalangan kampus atau universitas. Peluang mereka mendapat pembelaan dari kalangan pendidikan dan profesional dipandang lebih besar dari dua kandidat lainnya. Demikian juga sosok SBY, seorang Jenderal Bintang 4 yang berprestasi luar biasa sejak pendidikan di AKABRI. Menjadi modal besar meraih suara dalam keluarga besar TNI termasuk kalangan pendidikan yang memiliki hubungan emosial dengan Institut Pertanian Bogor tempatnya memperoleh gelar Doktor. Selain itu bila dilihat dari hobbynya yang suka main gitar, ngarang lagu dan menyanyi tentu sedikit banyak menimbulkan simpati masyarakat seni atau seniman Indonesia. Kemudian cerita ringan bagi ibu-ibu, sosok seorang SBY yang tampan, berpenampilan sederhana dan tidak pernah marah atau arogan katanya akan mampu meninabobokkan nyonya-nyonya rumah penguasa dapur masakan atau mungkin juga ABG (anak baru gede) tertarik bersamanya. PASANGAN MEGAWATI - PRABOWO. Prediksi sebahagian kalangan yang menyebutkan hanya “MEGA PRO” yang akan mampu menandingi kharisma dan kekuatan SBY-Budiono sebenarnya sah-sah saja walau itu mengecilkan peluang JK-Wiranto. Koalisi PDIP-GERINDRA (juga PKB versi Gus Gur) pada perolehan suara pemilu legislatif memperoleh kursi sebanyak 121 kursi DPR . Pasangan ini disebut "Kawin Paksa". Istilah ini didorong dari ego partai yang menginginkan kedudukan sebagai calon presiden. Awalnya Prabowo mantan Komandan KOPASSUS ini memproklamirkan dirinya sebagai calon presiden sejak 3 tahun lalu. Tetapi sepertinya ia harus mengalah menjadi calon wakil presiden. Koalisi ini sebenarnya adalah koalisi yang luar biasa. Dikatakan luarbiasa, sebab ada banyak cerita masa lalu yang sebenarnya sangat mustahil mampu merekatkan kedua generasi ini. Kita masih ingat bagaimana polemik antara mantan Presiden Soekarno dan Mantan Presiden Soeharto dan imbasnya kepada Megawati beserta keluarga besar Bung Karno dan PDI Perjuangan. Walau tidak secara langsung, namun Prabowo adalah menantu mantan Presiden Suharto yang tentunya masih memiliki benang merah dengan rezim kepemimpinan mantan Presiden Soeharto. Bila ingin memenangkan perhelatan Pilpres ini, beberapa hal prinsip harus lebih intensif di gali dan dikembangkan untuk meraih dukungan masyarakat. Melihat sosok Megawati menempatkan dirinya sebagai vote getter khususnya di kalangan perempuan dan pecinta kharisma mantan Presiden Soekarno. Kekentalan Soekarnoisme dalam diri Megawati dan keterwakilan gender akan berubah menjadi kekuatan luar biasa bila Megawati mampu melekatkan pengarusutamaan gender dalam pembangunan di Indonesia. Sepertinya hanya dua itu yang dimiliki sang Megawati Soekarno Putri. Justru pendampingnya, Prabowo-lah yang harus lebih mampu membangkitkan kembali alam pikiran rakyat Indonesia yang pernah selama 32 tahun dipimpin Mantan Presiden Soeharto. Tidak dapat dipungkiri, Prabowo mampu bertindak cerdas meniru gaya Soeharto yang bergerak untuk wong cilik di sawah. Melalui Himpunan Kerukunan Tani Indoesia, sebuah organisasi spesial petani ternyata mampu memberikan 4.646.406 suara untuk Prabowo. Bila konsep ini lebih dipertajam dan gambarkan jelas kepada masyarakat pedesaan, sosok muda bersahabat dan penuh ketegasan ini akan sangat banyak membantu Megawati menuju RI-1. PASANGAN JK-WIRANTO. Pasangan “JK WIN” ini disebut “Kawin Suci” dengan alasan tidak ada rebutan jadi presiden dan tidak ada cerita tarik ulur kepentingan. Kedua tokoh Indonesia ini berasal dari kalangan pengusaha dan militer. JK adalah kader Golkar yang juga Ketua DPP. Partai Golkar menggantikan Akbar Tanjung dan Wiranto juga kader Golkar pensiunan Jenderal TNI yang mencuat ketika Konvensi Piplres 2004, Partai Golkar memilihnya. Koalisi Partai Golkar- Hanura menghasilkan suara dengan perolehan kursi 125 di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Beberapa pengamat social, politik dan pemerintahan geleng-geleng kepala tercengang dengan langkah politik Golkar yang terkesan “dilecehkan” Demokrat. Sebelum Pemilu Legislatif, SBY maupun Demokrat memberikan lampu hijau kepada JK / Golkar untuk melanjutkan duet pemerintahan sekaligus membangun kekuatan di parlemen yang kokoh. Sayangnya fungsionaris terlena dan gemar mengekspose kesepakatan yang belum pasti itu seolah-olah benar nanti terwujud. Cerita terus berkembang dan politisasi sebahagian kader partai Golkar ambisus melengkapi muncul serta berkembangnya friksi atau sekat-sekat dalam tubuh Partai Golkar. Sosok JK dari kalangan pengusaha konglemerat tentu memiliki khans besar memenangi Pilpres bila mampu menyatukan kembali persepsi plus dukungan dari dalam partai kemudian meyakinkan massa akan kemampuannya sebagai Presiden, nanti. Kawasan Indonesia Timur dikuasai oleh Partai Golkar yang merupakan basis kader militan. Entry point meraih kemenangan Pilpres khususnya menghempang SBY-Boediono adalah, dari sisi kesukuan, dominan dukungan bagi SBY-Boediono pada kelombok suku Jawa apalagi pasangan SBY-Boediono satu kampong, sementara etnis lain sedikit banyak memiliki semangat kedaerahan lain yang lebih mengharapkan konfigurasi atau pelangi kepemimpinan, walau ini tidak bisa demikian saja menjadi barometer indicator kemenangan. Walaupun sosok Wiranto katanya “ber-cela” walau tak terbukti hakekatnya orang Golkar juga, bila senioritas kepangkatan dan angkatan dalam keluarga besar TNI dapat digalang dengan baik, akan menjadi kekuatan besar mengalahkan kharisma SBY maupun Prabowo. Sebahagian pengamat politik berbicara di media elektronik maupun surat kabar, siapapun pendamping SBY tidaklah penting sebab sosok SBY sendiri akan mampu membawa kemenangan menjadi Presiden terpilih apalagi perolehan suara yang signifikan dari Partai Demokrat. Pendapat ini sah-sah saja, namun perlu juga membuka pikiran melihat di tahun tahun sebelumnya, Partai Golkar dan PDIP pernah meraih suara terbanyak di pemilu legislative pada beberapa tahun lampau, namun tidak mampu menghantarkan calon partainya menjadi Presiden. Semua pasangan calon presiden dan wakil presiden ini belum dapat diprediksi siapa yang akan menarik hati mayoritas masyarakat Indonesia. Namun bila kepiawaian plus etika politik tingkat tinggi yang santun diterapkan dengan baik, siapapun dapat menjadi kepala Negara sekaligus kepala Pemerintahan Republik Indonesia periode 2009-2014. Spekulasi-spekulasi politik setidaknya harus lebih cermat disikapi dan di kelola, hingga kelemahan dapat dimanfaatkan menjadi kekuatan pemenangan
Read More..

8 May 2009

KANTOR BUPATI DAIRI PINDAH

KANTOR Bupati (Kantor Pemkab) Dairi yang saat ini di Jalan Sisingamangaraja Sidikalang akan pindah ke kawasan ...Panji Sibura-bura Kecamatan Sitinjo. Pemindahan dilakukan karena kawasan perkantoran dipandang lebih ideal di kawasan Panji. Hal itu diungkapkan Bupati Dairi KRA Jhonny Sitohang Adinagoro di hadapan ratusan masyarakat Sitinjo saat kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati ke Kecamatan Sitinjo, Kamis, (7/5). Pertemuan dilaksanakan di halaman Terminal Sitinjo (yang masih belum difungsikan), Desa Sitinjo Induk, dihadiri Sekdakab, para asisten, staf ahli, Kadis, Kabag, Kakan, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. “Mungkin Sitinjo ini memang tanah yang diberkati, walaupun masih beberapa tahun dimekarkan dari Sidikalang tapi di sini terdapat banyak proyek ataupun bangunan yang strategis dan kebanggaan Dairi. Di sini ada Terminal Sitinjo, ada cold storage, Pusat Distribusi Regional (PDR), ada pasar (pasar agribisnis), dan nanti akan ada pula Kantor Bupati karena Kantor Bupati akan dipindahkan ke Panji Kecamatan Sitinjo,” ujar Jhonny Sitohang.Namun bupati tidak merinci lebih lanjut soal rencana pemindahan Kantor Bupati itu. Sementara itu Kadis PU Bina Marga Kabupaten Dairi Ir Binsar Berasa kepada wartawan mengatakan pihaknya tengah mencari lahan untuk rencana pemindahan Kantor Bupati itu. Kemungkinan lokasi kantor bupati baru nanti di sekitar Stadion Sidikalang kawasan Panji Sibura-bura. Ditanya kapan persisnya pembangunan direncanakan akan dimulai, Kadis PU mengatakan sekitar dua tahun lagi. Dananya juga masih kita bicarakan, kalau memungkinkan melalui pinjaman dari pusat, tandas Berasa.

Read More..

PNPM DI DESA TUALANG

PNPM desa Tualang Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi menuntun masyarakatnya agar lebih maju dan sejahtera dengan pembangunan jalan sepanjang 3 Km dari desa Tualang menuju desa Tualang Barisan. Kemiskinan merupakan masalah utama pembangunan yang sifatnya kompeks dan multidimensional....Persoalan kemiskinan bukan hanya berdimensi ekonomi tetapi juga sosial, budaya, politik bahkan juga ideology. Secara kondusi kemiskinan tersebut ditandai oleh kerentanan, ketidakberdayaan, keterisolasian dan ketidakmampuan untuk menyampaikan aspirasi kebutuhannya. Akibatnya secara sosial ekonomi dapat menjadi beban masyarakat, rendahnya kualitas dan produktifitas. Namun kini dengan program pemerintah yang diterpakan salah satunya adalah PNPM masyarakat lebih terbantu. Masyarakat desa Tualang sangat berterimakasih terhadap pemerintah karena kemudahan mereka dalam masalah pengangkutan hasil-hasil tanaman mereka yang merupakan sebahagian untuk pembangunan jalan demi pengangkutan hasil serta kelancaran transportasi antara dua kampung ini. Serta terlihat peningkatan ekonomi mencapai 50% di daerah ini.
Read More..

PENGHITUNGAN SUARA KPU AMAN

ACARA rapat Pleno terbuka KPU Dairi dalam rangka rekapitulasi hasil perhitungan suara calon anggota DPRD Kab. Dairi untuk periode 2009-2014, berjalan selam 5 hari pada hari terakhir tepatnya hari rabu (22/4) di gedung balai karina Jl. 45 Sidikalang. Acara ini dihadiri oleh Kapolres Dairi AKBP Marzuki, ketua KPU Dairi yang baru dan anggota KPU Dairi asal Padang, Lindawati Simanjuntak, Surung Simanjuntak, Tambar Malem Sagala juga disaksikan Ketua Panwaslu Kab. Dairi Pana Akbar serta dihadiri oleh saksi dari tiap-tiap partai, juga turut disaksikan para wartawan dari berbagai media elektronik dan media cetak. Rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU Dairi berjalan aman dan terkendali, sebut Kapolres Dairi AKBP Marzuki.... Ratusan polisi juga disiapkan lengkap dengan tameng untuk berjaga-jaga mana tau terjadi kericuhan ataupun tragedi-tragedi yang tidak diinginkan, penjagaan gedung Balai Karina juga super ekstra.
Read More..

UN SMP Dairi di ikuti 6154

UJIAN Nasional (UN) untuk tingkat SLTP Dairi diikuti 6.154 peserta sejak Senin (27/4). Ujian akhir nasional ini dilakukan serentak di sekolah-sekolah yang ada di Dairi. Ujian sendiri berlangsung selama 4 hari. Kabid pendidikan dasar diknas Dairi Drs. P. Malau mengatakan hari pertama pelaksanaan UN berjalan lancer tanpa gangguan. System distribusi soal berjalan lancer. Sedang PNS lingkungan diknas Dairi ikut dilibatkan dalam pengawasan jalannya ujian... Dari 6.154 peserta tersebut 5.917 peserta berasal dari siswa SMP 183 merupakan peserta MTs. Mata pelajaran yang diUNkan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Untuk penilaian kelulusan siswa harus mendapat nilai minimal 5.50. artinya siswa masih dapt diluluskan hanya jika minimal dua mata pelajaran yang diujikan mempunyai nilai 4.00. Namun mata pelajaran lainnya harus dapat menutup kekurangan itu sehingga rata-rata nilai 5.50. Dan lembar hasil ujian setiap hari harus diantarkan ke Medan dan materi ujian untuk esoknya dijemput ke Medan setiap hari. Pemeriksaan hasil ujian SMP ini dilaksanakan oleh diknas propinsi melalui komputerisasi. Direncanakan hasil pengumuman ujian ini akan dilaksanakan minggu ketiga Juni. P. Malau menyebutkan untuk ujian akhir SD akan dilaksanakan 11 Mei meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Materinya sendiri 25 % berasal dari BSNP nasional dan 75% materi berasal dari daerah. Artinya yang materi 75% berasal dari guru sepropinsi sumut. Dari Dairi sebanyak tiga guru dikirim untuk ikut memberikan masukan soal untuk UAS BN ini. Sedang menentukan kelulusan siswa SD ini disebutkan agak berbeda dengan tingkat SLTP dimana hasil ujian siswa SD dikembalikan kepada sekolah masing-masing melalui rapat dewan guru.
Read More..

6 May 2009

PENERIMAAN PRAJA IPDN 2009

INSTITUT Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN yang dulu dikenal dengan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri, membuka pendaftaran untuk menjadi mahasiswa atau Praja (sebutan mahasiswa IPDN) untuk dilatih menjadi Pamong Praja (pelayan masyarakat) yang berjiwa dan berwawasan Nasional. Syarat terpenting untuk mendaftar adalah nilai Ijazah SMA/MA atau katakanlah ijazah SLTA harus minimal rata-rata 7,00. ... Syarat ini tidak jauh berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Pendaftaran di laksanakan mulai tanggal 4 - 15 Mei 2009 di Kantor Badan Kepegawaian Daerah di seluruh Kabupaten / Kota di Indonesia. Selain kampus Jatinangor (Jawa Barat) juga ada kampus Baso Kabupaten Agam Sumatera Barat, di Sulawesi dan juga Kalimantan. Penempatan mahasiswa IPDN nantinya berdasarkan jurusan yang dipilih dan seleksi nilai oleh pihak IPDNSemoga mendapat Praja yang terbaik....
Read More..