ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Thursday, 10 September 2009

SBY : Kaum Muda Bisa Menteri

PRESIDEN Republik Indonesia - Susilo Bambang Yudhoyono megatakan akan memberi kesempatan kepada Kaum Muda untuk menduduki jabatan Menteri Negara dalam Kabinetnya. Pernyataan ini cukup mengagetkan bagi kaum tua karena pasti jatah atau peluan bagi mereka berkurang. Sebaliknya, kaum muda terutama yang berkiprah atau yang terpilih jadi anggota DPR maupun DPRD atau akademisi atau pengusahan yang berkesempatan dilamar jadi Menteri oleh SBY. Permasalahannya terletak pada kaum muda intelektual dari dunia politik atau pengusaha atau birokrat yang dipilih... Kalau untuk jabatan menteri seperti menteri koordinator menurut saya tidak akan diberikan kepada kaum muda karena jabatan ini sangat strategis dan membutuhkan manusia super yang harus mampu mengkoordinasikan beberapa menteri lain. Menkopolkam, Mendagri, Menhan, Menlu, juga sangat spesifik. Kalau di lihat lihat jabatan menteri yang mungkin diberikan kepada kaum muda adalah jabatan seperti Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Kehutanan, Menteri Perhubungan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Itu adalah perkiraan jabatan yang mungkin dapat diberikan kepada kaum muda dan tidak berarti semua jabatan itu diperuntukkan bagi kaum muda...sukses lah....Pak SBY.

2 comments :

Risma Hutabarat said...

Kalau menurutku bang, tidak masalah apakah posisi menteri yang akan diberikan kepada kaum muda itu strategis atau tidak. Yang jelas, untuk saat ini, pintu sudah mulai terbuka. Dan hanya masalah waktu saja agar pemuda akhirnya bisa memegang posisi penting dalam pemerintahan. Tidak perlu terburu-buru kan?

Dan kaum muda yang berniat untuk bisa berada di posisi strategis ini tentunya harus pemuda yang terbaik. Bukan hanya dari segi kecerdasan, kemampuan organisasi atau pun kepemimpinan saja. Tapi juga harus berahlak baik dan takut akan Tuhan. Jadi, dia tidak berubah menjadi "penjahat" ketika sudah berada di atas nanti kan?

Salam kenal, bang

robert hendra ginting said...

sependapat deh...salam kenal juga ya..