ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Tuesday 6 November 2007

Desa Gunung Meriah, terbersih di Kabupaten Dairi

Kebersihan Desa Gunung Meriah Kecamatan Siempat Nempu Hulu sebagai Desa Terbaik 1 Kebersihan adalah pangkal kesehatan, di tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat. Ungkapan ini memang tidak dapat ditawar-tawar lagi walau kadang kita bertanya mengapa maling dan pencopet itu sehat-sehat namun pikirannya tidak sehat ? Namun para dokter kesehatan tubuh dan kesehatan jiwa berkeyakinan pada umumnya demikianlah adanya. Berdasarkan Keputusan Bupati Dairi Nomor 529 Tahun 2007 tanggal 24 Juli 2007 tentang Pembentukan Panitia Peringatan Hari Jadi ke-60 Kabupaten Dairi Tahun 2007, maka panitia peringatan Hari Jadi ke-60 Kabupaten Dairi mengadakan Lomba Kebersihan Desa tingkat Kabupaten Dairi. Tim Juri Kebersihan yang diketua Drs.Epron Pasaribu sesaat ditemui pada Resepsi Hari Jadi ke-60 Kabupaten Dairi mengemukakan bahwa Tim Juri agak kecewa karena kecilnya anggaran perjalanan dinas untuk menilai 15 Desa sejumlah Rp. 640.000,- termasuk BBM, kemudian tidak tertampungnya hadiah bagi pemenang lomba kebersihan desa walaupun Bupati Dairi telah menyetujuinya dalam Persetujuan Pendahuluan PAPBD Tahun 2007 Kabupaten Dairi.


Dari hasil penilaian kebersihan Desa diperloleh terbaik pertama adalah Desa Gunung Meriah Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Desa Bangun 1 Kecamatan Parbuluan sebagai terbaik kedua dan terbaik ketiga direbut Desa Sukadame Kecamatan Tanah Pinem. Khusus Desa Gunung Meriah, Kirana yang ikut serta dengan para juri “terpesona” dengan kebersihan dan kerapian desa beserta rumah-rumah penduduknya. Kepala Desa Gunung Meriah …………….. mengatakan : “Secara rutin setiap seminggu sekali gotong royong dilaksanakan di desanya, namun selain itu setiap hari masyarakat masing-masing bertanggung jawab penuh menjaga kebersihan rumah dan lingkungan atau pekarangan disekitar kediaman mereka. Hal ini sudah merupakan wujud komitmen yang disepakat dalam rapat-rapat desa bersama masyarakat “ ujar Kepala Desa didampingi Sekretaris Desa-nya.


Pelaksanaan Lomba Kebersihan Desa ini menurut Panitia tidak diikuti oleh perwakilan Kecamatan Sumbul, Kecamatan Gunung Sitember, Kecamatan Sitinjo dan Kecamatan Sidikalang. Tidak diketahui secara pasti alasan keempat kecamatan tersebut tidak mengirimkan perwakilannya walau Kirana diperlihatkan surat dari Bupati Dairi yang meminta kepada Camat untuk mengirimkan desa atau kelurahan dari masing-masing kecamatana untuk dinilai dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-60 Kabupaten Dairi. (K-8).

No comments :