ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Tuesday 6 November 2007

Dairi 'mengamuk; di Dunia Pendidikan

Potensi dalam Bahasa Inggris “Potency” yang berarti kekuatan / kemampuan / daya, baik yang belum / sudah teraktualisasi tetapi belum Optimal. Jenis Potensi (Human Resource Edowment) : adalah Potensi Fisik, Potensi Mental Intelektual (IQ), Potensi Sosial Emosional ( EQ), Potensi Mental- Spiritual ( SQ) dan potensi Lainnya. Intelegensi Quotient (IQ) memiliki Fungsi Memecahkan masalah-masalah Kognitif, misalnya : menganalisis masalah, membuat perencanaan, membuat karya tulis, menghitung dan lainnya. pengetahuan IQ bersifat “Genetik dan “dioptimalkan Lingkungan”. Aspek-aspek dari IQ adalah: Taraf Kecerdasan, Daya Nalar/logika berfikir, Daya mengingat, Daya Antisipasi, Kemampuan memahami konsep bahasa, Kemampuan memahami konsep hitungan, Kemampuan Analisis Sintesa dan Daya ruang. Taraf Kecerdasan manusia yang dikenal adalah 90- 100 : Rata-rata dibawah, 100- 110 : Rata-rata, 110-120 : Rata-rata Atas, 120-130 adalah Superior dan 130 disebut Very Superior.


Tidak dapat ditawar lagi kalau pendidikan merupakan kebutuhan pokok manusia yang mampu merubah masa depan seseorang. Walau IQ bersifat genetik (keturunan) namun IQ juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan manusia dan IQ juga dipengaruhi oleh EQ maupun SQ. Emotional Quotient (EQ) misalnya, memiliki fungsi mengatasi masalah emosional dan sosial seperti mengendalikan amarah, membina dan mempertahankan relasi, bertanggungjawab, merealisasi motivasi berprestasi. Beberapa aspek EQ adalah kompetensi pribadi, kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, kompetensi sosial, emphati, dan ketampilan sosial. Sedangkan SQ adalah Kecerdasan yg bertumpu pada bagian dalam diri kita yg berhubungan dengan kearifan di luar ego, atau jiwa sadar ( bukan hanya mengetahui nilai, tetapi menemukan nilai).


Kejelian dan tingginya tingkat IQ,EQ dan SQ para siswa, guru dan instansi pendukung dunia pendidikan di Kabupaten Dairi, khususnya pada pembinaan siswa tingkat menengah SMA/MA dan SMK hingga pada tahun ajaran 2006/2007 ini, cukup membanggakan. Berdasarkan informasi dari Drs. D.T. Padang,MM yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, tingkat kelulusan siswa SMA/MA dan SMK Kabupaten Dairi tahun pelajaran 2006/2007 mencapai 97,68 % dengan indeks kenaikan sebesar 4,85 % dari tahun lalu yang hanya mencapai 92,83 % membawa Kabupaten Dairi masuk dalam 10 besar terbaik dalam hal tingkat kelulusan siswanya. Tidak sampai di situ saja, peningkatan siswa yang masuk ke perguruan tinggi negeri sebesar 24,81 % dari 307 siswa tahun ajaran lalu dan pada tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 383 orang, inipun belum termasuk siswa yang diterima pada Program Diploma, STAN, Politeknik serta pendidikan tinggi kedinasan lainnya. Sedangkan pendidikan di tingkat SMP/MTs, Kabupaten Dairi berhasil meraih peringkat ke-7 Sumatera Utara. Dari 5.824 orang peserta Ujian Nasional, tingkat kelulusan mencapai 98,44 % dan hanya 91 orang yang tidak lulus ujian. Jika dibandingkan dengan tahun pelajaran sebelumnya, terjadi peningkatan persentasi kelulusan sebesar 3,195 %.


Prestasi yang tak kalah membanggakan juga ditorehkan Wicong Lia Munthe siswa SMK Negeri 1 Sidikalang yang meraih Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Sumatera Utara untuk Program Keahlian Penjualan dan menjadi Duta Sumatera Utara untuk mengikuti lomba tingkat Nasional. Tak mau ketinggalan, Mario M.L. Sitanggang rekan satu sekolahnyapun berhasil meraih Juara 2 untuk Program Teknologi Informatika tingkat Sumatera Utara. Sedangkan pada Kejuaraan Olimpiade IPA dan Matematika tingkat Sekolah Dasar, nama Kabupaten Dairi kembali dikibarkan Harri Oktavianus Purba (SD. St. Yosef Sidikalang) yang berhasil meraih Juara 1 Matematika Tingkat Sumatera Utara dan diikuti rekan satu sekolahannya Yosia Wilbert Dee yang berhasil meraih Juara 2 IPA Tingkat Sumatera Utara, keduanya akan mewakili Sumatera Utara dalam lomba Olimpiade Nasional di Surabaya pada bulan September nanti. Walaupun hasil olimpiade fisika, biologi dan matematika SMP tingkat Sumatera Utara belum keluar, DT.Padang optimis Dairi akan mendapatkan Juara, harapnya bangga.


Seperti kata orang-orang pintar, penguasaan dan pengendalian IQ, EQ dan SQ adalah mutlak untuk dapat menjadikan diri dan orang lain bertabur prestasi. “Amukan” siswa dan siswi Kabupaten Dairi tidak hanya menyentuh dunia pendidikan saja, pada Pekan Olah Raga Pelajar SMA tingkat Sumatera Utara, Kabupaten Dairi berhasil mewakili Sumatera Utara ke lomba tingkat Nasional. Adalah Mei Ulina N. Kurniati siswa SMAN 2 Sidikalang dan Joel Simanullang siswa SMAN 1 Sidikalang, berhasil meraih medali emas pada cabang Karate Komite Putri dan lari 100 meter putra, ditambah medali perak cabang Karate Komite Putra yang di sumbangkan Josef I. Sihombing siswa SMAN 1 Sidikalang. (K-8)

No comments :