ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Tuesday 6 November 2007

Lomba Karya Tulis Ilmiah HUT ke-60 Dairi

PEMENANG LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT SLTA TAHUN 2007
Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Ke-60 Kabupaten Dairi – 1 Oktober 2007

Dalam rangka Peringatan Hari Jadi Ke-60 Kabupaten Dairi yang jatuh pada hari senin tanggal 1 Oktober 2007, Pemerintah Kabupaten Dairi menyelenggarakan lomba penulisan karya ilmiah tingkat SLTA se-Kabupaten Dairi. Format berbeda dalam penilaian Karya Tulis ini di susun dengan menggelar tes wawancara penguasaan materi karya tulis bagi 10 peserta peraih nilai tertinggi. Menurut Ketua Tim Juri, Robert H. Ginting,AP,MSi sistem penilaian yang dilaksanakan pada tahun ini dilakukan untuk lebih mendapatkan karya tulis terbaik sekaligus mengetahui penulis karya tulis ilmiah yang menguasai dan mengerti akan apa yang ditulisnya. Ginting menjelaskan, antusiasme pelajar SLTA mengikuti lomba ini sangat di luar dugaan, karena sampai penutupan penyerahan karya tulis tanggal 18 September 2007 pada pukul 20.00 WIB-pun masih ada siswa yang mengirimkan karya tulis sehingga keseluruhan karya tulis yang masuk berjumlah 50 peserta.


Sempitnya waktu yang tersedia bagi Juri memaksa 5 Juri bekerja keras membaca seluruh karya tulis yang masuk. Beban dan tanggungjawab juri terasa lebih berat ketika Juri, Ika Dora br.Ginting,S.Sos,MSi tidak bisa memberikan penilaian disebabkan sedang cuti karena baru menikah. Namun dengan semangat yang tinggi keempat juri lainnya, Harryson F.Sirumapea,AP,MSi – Drs. Marsius Sitorus,MSi – Robert H. Ginting AP,MSi dan Irwansyah,S.STP,MSi berhasil memperoleh 10 penulis terbaik yang berhak mengikuti seleksi tahap kedua. Dari kesepuluh siswa terbaik tersebut, sembilan diantaranya berasal dari kelas unggulan SMA Negeri 1 Sidikalang yaitu Eva Reh Ulina Aritonang(Juara 1 Lomba Penulisan Karya Tulis Ilmiah Hari Jadi ke-59 Kabupaten Dairi, tahun 2006), Esra Agustina, Yulia Tanjung, Jekson Rajagukguk, Jerika Silalahi, Evi Oktavia Mandiri Banurea, Frans E. Sihombing, Ervanny Padang, Midian Sihotang dan 1 orang dari SMA St. Petrus atas nama Ruth Isabella Simamora. Penilaian tahap kedua dilakukan mirip seperti ujian Meja Hijau bagi seseorang yang akan meraih gelar sarjana, masing-masing siswa diberi waktu selama 20 menit mempresentasikan karya tulisnya sekaligus dilakukan tanya jawab jika juri memandang ada hal yang perlu dipertanyakan atau di uji.Setelah makan siang bersama, nilai Juri di tuliskan di papan tulis dan dijumlahkan dengan nilai awal dari karya tulis masing-masing siswa sehingga diperoleh 5 terbaik yaitu : Terbaik -1 : Jerika L. br. Silalahi, kelahiran Tigalingga 3 Mei 1991, kelas XII-Unggulan SMAN 1 Sidikalang, anak dari Drs.JM.Silalahi dan H.Sirait, Prestasi selain Juara di Kelas : Juara 1 Olimpiade Komputer Tingkat Kabupaten Dairi Tahun 2006, Juara 1 Olimpiade Komputer Tingkat Kabupaten Dairi Tahun 2007, Juara 1 Lomba Pidato Tingkat SMA dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional. Jerika adalah anak ke-2 dari 5 bersaudara.


Dari Kanan ke Kiri Juara 1-5 Lomba Karya Tulis Hari Jadi Ke-60 Kab. Dairi : Jerika , Eva, Ervanny, Evi dan Esra Terbaik-2 : Eva Reh Ulina br. Aritonang kelahiran Sidikalang 5 September 1989, Kelas XII –Unggulan SMAN 1 Sidikalang, anak dari A. Aritonang dan P. br.Ginting, Prestasi selain Juara di Kelas : Juara 3 Lomba CCA di Santo Petrus, Juara 1 Lomba Bola Volley tingkat Kaupaten Dairi, Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Kabupaten Dairi Tahun 2006. Eva adalah anak ke-4 dari 5 bersaudara. Terbaik – 3 : Ervanny br. Padang, kelahiran Sidikalang 3 November 1989, anak dari W.Padang,S.Sos dan E. br. Hasugian. Prestasi selain Juara Kelas : Juara 1 Lomba Praktikum di St. Petrus, Juara III Olimpiade Biologi, Juara II Lomba Cerdas Cermat Koperasi. Ervanny adalah anak ke-3 dari 4 bersaudara. Terbaik – 4 : Evi Oktavia M. br. Banurea, kelahiran Sidikalang 23 Oktober 1991, Kelas X SMAN 1 Sidikalang, anak dari L.J. Banurea,S.Sos dan H. br. Padang, Prestasi selain Juara Kelas : Juara 1 Festival Tari Daerah Tahun 2005/2006 dan Juara III Festival Tari Daerah Tahun 2006/2007. Evi adalah anak ke-6 dari 8 bersaudara. Terbaik-5 : Esra Agustina Aritonang, kelahiran Sidikalang 30 Agustus 1991, Kelas X SMAN 1 Sidikalang, anak dari Anwar Aritonang dan Partumpuan br. Ginting. Prestasi selain Juara Kelas Juara 1 Lomba Karya Tulis Hari Lingkungan Hidup, Juara 1 Lomba Karya Tulis Pemuda / Remaja Menyikapi Godaan Pergaulan Bebas, Tim 20 Besar Lomba Olimpiade Biologi. Ezra adalah anak ke-5 dari 5 bersaudara.


Kepada Terbaik ke-1 sampai terbaik ke-5 diberikan Piala, Piagam dan kepada Terbaik -1 diberikan uang pembinaan Rp.1.500.000,- Terbaik ke-2 Rp. 1.250.000,-, terbaik ke-3 sebesar Rp. 1.000.000,- terbaik ke-4 Rp. 750.000,- dan terbaik ke-5 Rp. 500.000,- Piala, Piagam dan uang pembinaan diserahkan Bupati Dairi pada Resepsi Hari Jadi Kabupaten Dairi ke-60 Tanggal 1 Oktober 2007. Selain hadiah tersebut, para pemenang juga diundang untuk mengikuti Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Dairi pada tanggal 1 Oktober 2007 untuk mendengarkan Pidato Bupati Dairi dalam memperingati Hari Jadi ke-60 Kabupaten Dairi. (K-8).

No comments :