ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Saturday 3 May 2008

PDE, Tantangan Berat

Tak pernah aku bermimpi lagi menangani tugas seputar pengolahan data elektronik. Memang sekitar tahun 2002 aku pernah menjadi Kepala Seksi Pengolahan Data Elektronik di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, yang pada waktu itu eselon IV/a. Namun, kini, Pemerintah Kabupaten Dairi memberi kepercayaan kepadaku menjabat sebagai Kepala Bidang Pengolahan Data Elektronik, eselon III/a. Banyak hal berkecamuk dalam pemikiranku termasuk pertanyaan, mengapa aku tidak dilantik jadi Camat saja?

Besar harapan banyak orang untuk duduk di jabatan Eselon III/a yang memiliki banyak konsekuensi serta perubahan yang signifikan dalam hal pendapatan atau keuangan. Bayangkan saja kenaikan insentif dari 1 juta menjadi 3,5 juta kemudian tunjangan jabatan dari 500 ribu menjadi 1 juta, ditambah lagi kenaikan pangkat pilihan yang akan kudapatkan menjadi Golongan IV/a di oktober 2009. Semua itu memang patut kusyukuri, walau keinginanku sebenarnya ingin dilantik menjadi Camat. Alasannya cukup sederhana, pertama aku lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri dan juga lulusan Pascasarjana S-2 Sosial. Dengan latar belakang pendidikan seperti itu, masalah teknis sih aku gak begitu semangat diajak berpikir ke situ, tetapi aku suka juga berkreatifitas menuruti pandanganku bagaimana seharusnya agar sesuatu itu menjadi lebih baik, lebih enak dan lebih aman. Makanya masalah pengembangan kerja aku sangat suka memikirkannya. Mungkin saja sebagai manajer aku cocok ya...tapi apapun katanya pada level eselon 3 aku sudah bersentuhan ke arah kreatifitas, profesionalitas dan manajerial...jadi kurasa tidak masalah juga sih.

Walau demikian, dengan pengetahuan internet dan pengolahan data elektronik yang sangat sedikit, aku berupaya menghargai dan menghormati kepercayaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Dairi kepadaku. Satu kata lain yang terus mengiang di benakku yaitu, Aku Harus Belajar banyak lagi.

No comments :