ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Sunday 13 March 2011

Delphi Masdiana Ujung,SH,MSi for Kartini Awards 2011

SAYA terusik ketika membaca Majalah Kartini edisi Nomor 2290 tanggal 24 Pebruari – 10 Maret 201 yang memuat tentang program Majalah Kartini untuk memberikan KARTINI AWARDS Tahun 2011. Saat itu langsung tergambar dalam benak saya sosok seorang Perempuan energik dan kreatif yang ada di Kabupaten Dairi, tempat saya bertugas. Selama hampir 1 minggu saya mencoba mencari berbagai informasi dan data pasti tentang sosok seorang Delphi Masdiana Ujung,SH,M.Si...(saya sering memanggilnya ‘Kak Delphi’ yang sebelumnya juga pernah, kekaguman saya tentang sosok seorang Delphi telah saya tuliskan di blok saya www.rhgmsi.blogspot.com tanggal 08 Agustus 2010 dengan Judul Posting : Delphi Masdiana Ujung,SH,M.Si.
Selain sebagai Ketua para Wakil Rakyat Kabupaten Dairi periode 2009-2014 sebelumnya ,’Kak Delphi juga pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Dairi periode 2004-2009 yang pada waktu itu menjadi Ketua Komisi C (Bidang Kesra & Keuangan). Kebanggaan saya terhadap ‘Kak Delphi juga tergambar ketika membaca di Media cetak maupun media elektronik, ketika ia terpilih menjadi Wakil Ketua Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI). Tentu ini hal yang sangat membanggakan Perempuan tidak saja perempuan Kabupaten Dairi tetapi perempuan Indonesia, karena ‘Kak Delphi adalah satu-satunya Perempuan yang duduk di jajaran pimpinan ADKASI PADA Munas ke-3 ADKASI sekitar bulan Juli 2010. Prestasi yang membanggakan lainnya ketika ‘Kak Delphi juga meraih predikat Terbaik pada Pendidikan LEMHANAS RI yang dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober – 30 Nopember 2010 yang kemudian terpilih sebagai Sekretaris Alumni LEMHANAS Republik Indonesia FORKON IV. Sosok ‘Kak Delphi , ibu dari 1 orang Putri dan 2 orang Putra di Keluarga Besar ‘bang Pana Akbar Simatupang (mantan Ketua KNPI, Ketua PANWASLU, dan sekarang masih menjadi Ketua KONI Kabupaten Dairi) adalah sangat ramah dan bersahaja, tidak saja di rumah tetapi ketika bersama masyarakat dimanapun juga. Saya yakin, dukungan besar keluarga merupakan salahsatu kunci sukses ‘Kak Delphi dan menempa dirinya menjadi sosok Perempuan yang menjadi ibu yang hakiki di rumah dan menjadi ibu rakyat Kabupaten Dairi. Keberadaan ‘Kak Delphi sebagai Wakil Rakyat yang berada di bendera Partai GOLKAR, ini juga tidak sebatas pekerjaan yang mendapatkan honor atau gaji. Kegiatan social yang dilakoninya juga patut dibanggakan. Di organisasi Perempuan, Persatuan Perempuan Pakpak Indonesia, ‘Kak Delphi duduk sebagai Penasehat. Saya kira sebagai sosok seorang Ibu juga melatarbelakangi nya untuk ikut ambil peran dalam oraganisasi yang ‘menjaga’ anak-anak sebagai Ketua Komite Perlindungan Anak Indonesia Daerah di Kabupaten Dairi. Low Profile, sebutan yang sepadan baginya dalam setiap proses komunikasi pada setiap level masyararat sehingga seolah-olah orang terhipnotis untuk ‘terpaksa’ harus meminta peran ‘Kak Delphi dalam organisasi-organisasi. Selain itu, Penasehat Lembaga Sosial Masyarakat (LSM/NGO) TOPPAN cabang Dairi juga dilakoninya, yang menurut saya akan memberikan kontribusi positif banyak mendewasakan peran LSM yang saat ini, sebahagian sudah banyak yang menyimpang dari tujuan dibentuknya LSM sehingga acapkali salah kaprah. Bidang organisasi kepemudaan seperti yang pernah dipimpin suami ‘Kak Delphi – bang Pana Akbar Simatupang yaitu KNPI Kabupaten Dairi; ‘Kak Delphi juga terpilih sebagai Wakil Ketua 1 DPD KNPI Kabupaten Dairi. Dalam hal inipun saya berpendapat, beliau ingin ambil peran membentuk wawasan dan olahpikir pemuda di Kabupaten Dairi dengan sharring pengetahuan serta pengalamannya, baik yang di dapat dari dunia birokrasi, legislative dan lainnya. Walaupun latarbelakang pendidikan ‘Kak Delphi di bidang hukum kemudian Pascasarjana konsentrasi komunikasi public, ternyata ia juga siap memberikan pencerahan sekaligus Pembina di organisasi Perpumpulan Petani Organik Daerah Kabupaten Dairi (PPODA Dairi) serta acapkali diundang menjadi narasumber pendidikan politik bagi para petani, yang secara rutin diselenggarakan organisasi PETRASA Kabupaten Dairi. Lebih luas lagi, ternyata ‘Kak Delphi sebagai Ketua Yayasan Sejahtera Masyarakat Dairi (SEMABI) yang mengabdikan dirinya untuk dunia kesehatan, pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini/PAUD, serta pertanian. Dari program kerja yang berhasil saya dapatkan , salahsatu tujuan mulia organisasi ini adalah mendirikan dan sekaligus membina PAUD di 30 Resort Gereja HKPB di Kabupaten Dairi, sekarang baru terealisir sekitar 30-40 %. Selain itu kegiatan penguatan ekonomi rakyat melalui perkumpulan Kredit Usaha Mandiri (CUM) ternyata membawa dampak positif yang luar biasa bagi petani yang membutuhkan modal lebih untuk membangun serta mengembangkan usaha pertaniannya. Inilah sosok Perempuan Kabupaten Dairi, yang bahasa saya dalam sebuah tulisan saya adalah sosok seorang ‘Perempuan Brilliant” yang tetap energik serta murah senyum bak seorang Ibu yang menyayangi anaknya, tidak berbeda perlakuannya dalam melayani masyarakat Kabupaten Dairi. Saya berharap, Juri seleksi sependapat dengan saya dan menurut saya sosok ‘Kak Delphi Masdiana Ujung,SH,M.Si tidak saja menjelma menjadi seoran Perempuan dalam kehidupan sehari hari termasuk di masyarakat tetapi ia selalu menjadi ibu bagi semuanya. Terimakasih. [Keterangan Foto : Delphi Masdiana Ujung,SH,M.Si sedang berduet dengan DR.M.P.Tumanggor - mantan Bupati Dairi Propinsi Sumatera Utara]

No comments :