ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Saturday 3 December 2011

SAFARI NATAL DI KECAMATAN TIGALINGGA

PEMERINTAH KABUPATEN Dairi , Pada Hari Jumat (02/12) Pukul 11:00 WIB mengadakan Safari Natal hari kedua di Kecamatan Tigalingga. Acara Safari Natal tahun ini bertemakan "Bangsa yang Berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar", yang diambil dari nats Alkitab Yesaya 1:9a.Yang dimana acara safari Natal itu diadakan di Gereja Pentakosta Jemaat Tigalingga. Safari Natal ini dihadiri oleh Bupati Dairi - KRA. Johnny Sitohang Adinegoro, Ketua Penggerak PKK - Ny. Dumasi Sianturi, Sekretaris Daerah - Drs. Arsenius Marbun, M.MA selaku Ketua Umum Panitia Safari Natal dan Oikumene Kabupaten Dairi, Muspida, Pimpinan-pimpinan SKPD, Pendeta-pendeta panitia Safari Natal dan Oikumen Kabupaten Dairi,Ketua Dharma Wanita Ny. Drs. Arsenius Marbun. M.MA,Penasehat Dharma Wanita Kabupaten Dairi Ny. Irwansyah Pasi, SH serta jemaat-jemaat Gereja se-Kecamatan Tigalingga.

Seperti acara natal pada umumnya, acara Safari Natal ini dimulai dengan acara ibadah. Yang dimana dalam acara ibadah itu dirangkaikan dengan pembacaan liturgi (pembacaan sepenggal ayat-ayat dari Alkitab). Dimana liturgi ini mencapai IV rangkaian, yang diawali dengan liturgi I dengan judul Keagungan Karya Tuhan yang di bacakan oleh Bupati Dairi, Ketua PKK Dairi, Sekertaris Daerah, Ketua Dharma Wanita, Asissten I, Asissten II, Perwakilan DPRD,PErwakilan Dandim 0206/Dairi, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Kejari, Perwakilan Ketua Pengadilan NEgeri, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan,Kepala Dinas Binamarga.

Liturgi II dengan judul Dosa Membawa Manusia pada Kegelapan di bacakan oleh Kepala Dinas Cipta Karya Amister Lumban Gaol, B.E, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Drs. Wesly P. Manullang, M.Si,Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Drs. Bonar Butar - Butar,Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Ir. Sahala Tua Manik, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Drs. Ramlan Sitohang, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Jubel Sianturi, S.E,M.Si, Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Daerah Julius Gurning, S.Sos, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Ir. Agus Bukka,Inspektorat Kabupaten Dairi Edward Hutabarat, S.H,Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Drs. J. Sigalingging, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi J.M. Silalahi, Staf Ahli Bupati, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Ir. Januari Simarmata, dilanjutkan dengan Liturgi III dan liturgi IV yang dibacakan oleh panitia kecamatan dan staff kecamatan Tigalingga dengan judul Nubuat akan datangnya Raja Damai dan Terang Dunia dan Datangnya Terang Dunia.Acara ibadah safari Natal ini diselingi dengan koor dari kecamatan Tigalingga.

Pada kesempatan ini Bupati Dairi,Sekretaris Daerah, Muspida, Pengurus BMAG (Badan Musyawarah Antar Gereja) Kabupaten Dairi, Camat Tigalingga, Tokoh Gereja/Masyarakat dan Ketua Panitia Kecamatan Tigalingga melakukan penyalaan lilin yang diiringi dengan lagu "Malam Kudus". Kotbah pada ibadah Natal ini disampaikan oleh Pdt.Tobing dari Gereja HKI Sidikalang dengan isi khotbah diambil dari nats Alkitab Yesaya 9:1a "Bangsa yang Berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar".Setelah berakhirnya acara Ibadah Bupati Dairi yang yang dalam sambutannya mengucapkan Selamat Hari Natal 25 Desember 2011 dan menyambut Tahun Baru 1 Januari 2012. Beliau menambahkan tujuan safari natal ini merupakan wadah untuk membangkitkan semangat masyarakat yang sedang mengalami kekecewaan, kegelisahan dan cobaan dari Tuhan. Beliau juga menambahkan bangsa yang keluar dari kegelapan adalah orang yang keluar dari masalahnya dengan berkat Tuhan.Beliau sampaikan ada 4 hal yang membuat orang dapat keluar dari kegelapan menuju terang yang besar.Hal yang pertama adalah Berdoa,dengan Berdoa pikiran yang kalut dapat kembali berfikir positif dan memberikan semangat baru.Hal yang kedua adalah Bersyukur dengan Bersyukur kita dapat melihat hal yang baik didalam kekalutan,apabila tidak bersyukur hal yang baik juga dapat dianggap buruk.Hal yang ketiga adalah Bekerja,dengan Bekerja kita dapat memenuhi kebutuhan pribadi kita masing-masing, dengan terpenuhinya kebutuhan pasti tidak akan hadir kekecewaan dalam hidup. Hal yang terakhir adalah Melayani, Semua orang bisa menjadi orang hebat karena semua orang bisa melayani,dengan melayani segala yang ada didunia ini tidak akan mungkin membuat kita khawatir,dengan melayani maka disaat susah nanti mereka yang kita layani pasti akan melayani kita.


Tokoh Masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih dengan kedatangan rombongan Safari Natal karena dengan adanya acara ini telah memberikan tambahan sukacita di Kecamatan Tigalingga, Beliau menambahkan kiranya acara Safari Natal ini dapat berlangsung setiap tahunnya.Akhir acara Pemerintah Daerah,Pemerintah Kecamatan yang didampingi oleh unsur Muspida menyerahkan paket natal kepada masyarakat Kecamatan Tigalingga berupa sembako (Sembilan Bahan Pokok).

No comments :