ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Thursday 1 December 2011

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-40 KORPRI Tahun 2011


Pada Selasa 29/11 pukul 09:00 WIB bertempat di depan Kantor Bupati Kabupaten Dairi dilaksakan Upacara peringatan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang ke-40.Peringatan HUT KORPRI kali ini berthemakan “Dengan semangat HUT ke-40 KORPRI Kita Tingkatkan Pembinaan Jiwa Korp Pegawai Republik Indonesia dalam Ke-Bhinnekaa-an guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan NKRI Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi”.Upacara peringatan HUT KORPRI ini dihadiri oleh Bupati Dairi KRA. Johnny Sitohang Adinegoro,Muspida,Seluruh Kepala SKPD Kabupaten Dairi,Pensiunan Pegawai Negeri Sipil penerima Satya Lencana Pengabdian serta Seluruh Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Dairi.

Pada upacara peringatan HUT KORPRI Bupati Dairi bertindak sebagai Inspektur Upacara.Pada kali ini Beliau menyampaikan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia selaku Penasihat Nasional KORPRI yang dalam sambutannya Beliau menyampaikan ucapan selamat atas hari jadinya yang ke-40 kepada Keluarga Besar KORPRI, baik yang bertugas di seluruh tanah air maupun di mancanegara.Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap anggota KORPRI karena Sebagai aparatur pemerintahan telah dan akan terus melaksanakan tugas kedinasan sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah yang lebih profesional, kompeten, dan berintegritas tinggi. KORPRI sebagai bagian utama dari jalannya roda pemerintahan dituntut untuk meningkatkan profesionalismenya, meningkatkan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat, dan tetap memelihara netralitasnya sebagai aparatur pemerintahan. Dalam kurun waktu empat dasawarsa, KORPRI telah menunjukkan peran dan tanggung jawab yang besar dalam tugas dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara. KORPRI telah memantapkan pembinaan bagi para anggotanya, baik dalam pelaksanaan tugas pemerintahan maupun tugas-tugas lainnya sesuai dengan amanat undang-undang.Beliau menilai tema HUT KORPRI tahun ini memiliki tiga kata kunci utama yang sangat penting untuk kita jalankan bersama. Pertama, meningkatkan pembinaan Jiwa KORPRI dalam Ke-Bhinneka-an; Kedua, memperkokoh persatuan dan kesatuan NKRI; dan ketiga, mendukung keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi”. Ketiga kata kunci itu memiliki keterkaitan satu dengan yang lain yang sangat penting dalam keberhasilan pelaksanaan tugas aparatur pemerintah.

Presiden RI juga menambahkan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Dairi bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk meningkatkan pembinaan jiwa KORPRI dalam kebhinnekaan, karena jiwa KORPRI adalah jiwa dan semangat warga bangsa yang majemuk. Jiwa KORPRI adalah jiwa yang mengemban amanah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dan jiwa KORPRI adalah jiwa pengabdian tanpa membeda-bedakan asal-usul, agama, etnis, serta budayanya.
Jika itu berhasil kita laksanakan dengan baik, kita jalankan dengan penuh tanggungjawab dan kesungguhan, maka kita dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan NKRI. Dan semuanya itu, merupakan ukuran keberhasilan dari pelaksanaan reformasi birokrasi sebagai fondasi yang kukuh untuk mewujudkan birokrasi pemerintahan berkelas dunia atau world class bureaucracy di tahun 2025 mendatang.Beliau juga menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada seluruh anggota KORPRI dimanapun bertugas dan berada selaku Penasehat Nasional KORPRI. Pertama, mari kita sukseskan seluruh agenda percepatan pembangunan menuju tercapainya Indonesia sebagai negara maju. Tingkatkan profesionalisme dan kompetensi saudara sebagai aparatur negara. Pelihara dedikasi, integritas, dan loyalitas yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Tampilkan KORPRI sebagai organisasi kedinasan yang netral dan profesional. Pedomani Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2010 tentang Pengesahan Anggaran Dasar KORPRI. Kedua, sikapi secara responsif dan konstruktif berbagai kritik dari masyarakat. Jawablah kritik dari masyarakat dengan melakukan inovasi, meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta pelayanan birokrasi yang makin murah, makin cepat, makin mudah dan makin baik.
Ketiga, mari kita wujudkan tata pemerintahan yang baik. Bangun budaya birokrasi yang kredibel dan akuntabel. Lanjutkan upaya pemberantasan korupsi dan perilaku koruptif di semua lini birokrasi. Keempat, laksanakan tugas pengabdian dengan penuh tanggung jawab. Jangan kecewakan rakyat. Bekerjalah segiat mungkin, berikhtiarlah dengan penuh disiplin, dan kedepankan rasa tanggung jawab dengan semangat untuk berbuat yang terbaik. Jadikan pelaksanaan tugas pengabdian saudara sebagai bagian dari ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kelima, secara khusus dalam menyikapi Pemilihan Kepala Daerah di berbagai daerah pada tahun 2012 mendatang, saya minta segenap anggota KORPRI untuk bertindak profesional dan proporsional. Pegang teguh komitmen netralitas, hindarkan semua bentuk politik praktis, dan pastikan keberpihakan dan loyalitas KORPRI tegak lurus hanya kepada bangsa dan Negara. Keenam, amalkan doktrin KORPRI ”Bhinneka Karya Abdi Negara”. Pastikan bahwa KORPRI walaupun melaksanakan tugas di berbagai bidang dengan karya yang beragam, tetapi tetap satu dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Selaku Pimpinan Daerah Bupati Dairi dalam kesempatan ini juga menyampaikan ucapan terimakasih terhadap Pensiunan maupun Pegawai yang masih aktif atas jasa-jasa yang diberikan dalam pekerjaannya masing-masing.Beliau juga menambahkan kenangan ataupun cindera mata yang diberikan kepada pensiunan PNS merupakan tanda kasih antara pensiunan dengan yang masih aktif.Beliau tambahkan hendaknya cindera mata itu tidak dilihat dari harganya melainkan bentuk terimakasih dan tanda kasih yang menyertai pemberian cindera mata tersebut.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Dairi beserta Unsur Muspida menyerahkan penghargaan berupa Satya Lencana Pengabdian serta piagam penghargaan kepada pegawai berprestasi. Sumber www.dairikab.go.id

No comments :