ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Friday 10 July 2015

Rencana Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Tanah Pinem

AKU beserta Kapolsek dan Danramil Tanah Pinem pada hari selasa tanggal 7 Juli 2015 secara marathon mengikuti rapat Panitia Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di Aula Kantor Camat Tanah Pinem. Sebelumnya rapat pembentukan Panitia telah dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2015 di tempat yang sama. Secara musyawarah dan mufakat terpilihlah Jonathan Ginting,S.Sos (Kasi Ketentraman dan Ketertiban Kantor Camat Tanah Pinem) sebagai Ketua Panitia Peringatan HUT RI ke-70 sekaligus Ketua ACTP (Aku Cinta Tanah Pinem) ke-3.Pada rapat kedua yang dilaksanakan, telah disusun berbagai kegiatan memeriahkan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang di format dalam bentuk kegiatan Aku Cinta Tanah Pinem (ACTP). Kegiatan ACTP ke-3 ini melanjutkan kegiatan-kegiatan pada ACTP ke-2 dan beberapa penambahan seperti lomba menyanyi Idola cilik, vocal solo, pemilihan Putri Tanah Pinem, lomba rose atau merangkai dan memakaikan baju adat karo, tarik tambang, sepakbola daster helem dangdut untuk pria, sepakbola sarung dangdut untuk wanita, Tanah Pinem mencari bakat yang berupa lomba nyanyi dimana pesertanya seluruh kepala desa – kepala sekolah dan kepala UPT. Acara tersebut seluruhnya dilaksanakan pada tanggal 16 – 17 Agustus 2015 kecuali cerdas cermat untuk sekolah dasar yang dilaksanakan sebelumnya.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut pada tanggal 16 Agustus 2015 setelah acara pawai obor dan taptu di tugu perjuangan Kutabuluh, acara dilanjutkan dengan hiburan gendang perkolong-kolong yang akan mengiringi pelantikan / pengukuhan . Ketua Persadaan Merga Silima Kecamatan Tanah Pinem. “Dulu Ketua Merga Silima Kecamatan Tanah Pinem adalah Bapak H.M.K. Aldian Pinem,SH,MH namun beliau telah dipanggil Tuhan YME tahun lalu sehingga kita perlu melakukan pemilihan ulang dan telah terpilih Bapak Rudin Pinem sebagai pengganti beliau” sebut Ginting. Pada malam tersebut juga akan dikukuhkan tanggal peresmian dimulainya Kerja Tahun Desa Kutabuluh. Tanggal pelaksanaan Kerja Tahun Desa Kutabuluh yang telah di tetapkan simanteki kuta bersama tokoh masyarakat Desa Kutabuluh pada rapat yang dipimpin Camat Tanah Pinem di losd Kuta Buluh pada malam tanggal 9 Juli 2015.

Sebagai bahan referensi ACTP -1 dan ACTP -2 yang telah dilaksanakan telah berbuat banyak dan berperan dalam berbagai kegiatan-kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kecamatan Tanah Pinem dan juga di Kabupaten Dairi. Ia mencontohkan untuk para juara idola cilik dan vocal solo telah tampil pada berbagai kegiatan pemerintahan seperti pada open house tahun baru di Rumah Dinas Bupati Dairi, kegiatan-kegiatan Pemerintah Kabupaten Dairi, kegiatan-kegiatan pemerintah Kecamatan Tanah Pinem dan juga mendapatkan apresiasi luar biasa dari Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Propinsi Sumatera Utara saat menilai Kecamatan Tanah Pinem. Para juara juga telah masuk dapur rekaman dan kasetnya telah di jual bebas. Selain itu menurutnya, para Putri Tanah Pinem sebanyak 12 orang juga mendapatkan bonus liburan gratis dari Bupati Dairi ke Yogyakarta selama 1 minggu dan baru-baru ini telah dilakukan kerjasama dengan Yayasan Nikson Silalahi Jakarta serta 6 orang Putri Tanah Pinem menjadi model video clip albumnya.

Pada peringatan HUT RI ke-70 ini juga akan dilakukan penilaian desa terbersih dan terjorok demikian juga terhadap Poskesdes, Polindes, Pustu, sekolah serta pemberian penghargaan kepada guru SMP, SMA, SMK serta siswa teladan se-Kecamatan Tanah Pinem. Bagi desa atau sekolah terjorok akan kembali diberikan sapu lidi, sebagai hukuman untuk mengingatkan serta memotivasi agar lebih bergiat bergotongroyong membersihkan desa serta lingkungannya.  Kepada kepala desa yang lunas PBB 100 % tahun 2014, pengelola Raskin terbaik juga akan diberikan penghargaan pada tanggal 17 Agustus 2015. Khusus kepada Juara umum SMAN 1 Tanah Pinem dan SMKN 1 Tanah Pinem akan di daulat menjadi ajudan Inspektur Upacara pada peringatan Detik-Detik Proklamasi dan penurunan bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus kelak.


Seluruh rangkaian kegiatan ACTP – 3 ini dikemas dalam suatu acara memeriahkan Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tahun ini seluruh kepala desa dan pimpinan unit kerja memakai jas lengkap hadir beserta istri dan duduk di pentas tratak. Sementara Paskibra akan mengambil bendera Merah Putih yang akan di kibarkan di atas panggung tersebut seperti perayaan HUT RI di Kabupaten Dairi. Harapanku acara dapat berlangsung dengan baik, hikmat serta masyarakat dapat terhibur dengan pagelaran ACTP – 3 yang membutuhkan dana lebih kurang 50 juta rupiah...

No comments :