ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Tuesday 6 November 2007

Sosialisasi Kerjasama Strategis antar Pengusaha

Pemerintah Kabupaten Dairi, melalui Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi menyelenggarakan Sosialisasi Kerjasama Strategis antar Pengusaha Usaha Besar, Menengah, dan Kecil pada tanggal 20 Juni 2007 di Aula Kantor Bupati Dairi. Bupati Dairi, diwakili Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi, NURSIDA GINTING,S.Sos menjelaskan secara ringkas maksud dan tujuan penyelenggaraan sosialisasi, berikut kutipannya :

Apa Maksud dan Tujuan Pemerintah Daerah menyelenggarakan Sosialisasi yang ditujukan kepada para pengusaha besar, menengah dan kecil di Kabupaten Dairi ? “Maksud penyelenggaraan sosialisasi adalah Pertama : untuk memberikan penjelasan, acuan dan arahan kepada para Pengusaha Besar, Kecil dan Menengah tentang aturan, ketentuan, keperluan dan berbagai hal yang menyangkut perkreditan. Kedua : Meningkatkan kualitas pelayanan para pengusaha serta berupaya penyampaian informasi yang akurat, lengkap, terjamin dan cepat tentang berbagai hal yang menyangkut perkreditan dan berbagai instansi/lembaga terkait yang berkompeten untuk berbagai keperluan dimaksud. Ketiga : Ini dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Dairi dengan Lembaga Keuangan yang ada di Kabupaten Dairi serta masyarakat dalam upaya kerjasama strategis di Kabupaten Dairi. Apa tujuannya ? “Tujuanya sosialisai dimaksud ada lima, yaitu :
1. Terjadinya proses sinkronisasi arah, kebijakan dan strategi menyangkut berbagai hal dalam dunia perkreditan dalam upaya pengembangan antara instansi/lembaga keuangan terkait dan para pengusaha besar, kecil, dan menengah serta masyarakat ekonomi yang bergerak dalam dunia bisnis.
2. Membahas dan mengkaji berbagai peluang bagi para pengusaha serta masyarakat ekonomi dalam upaya memperoleh dana melalui sistem perkreditan dari lembaga keuangan yang ada di Kabupaten Dairi untuk membangun dan mengembangkan usahanya.
3. Mengidentifkasi masalah-masalah dan kendala yang mungkin dihadapi oleh para pengusaha serta masyarakat ekonomi maupu lembaga keuangan yang ada di Kabupaten Dairi dalam memberi dan menerima dana dalam sistem perkreditan yang ada dewasa ini.
4. Mencari dan menemukan solusi untuk menghadapi masalah dimaksud diatas melalui dialog dan diskusi antara para pengusaha serta masyarakat ekonomi dan lembaga keuangan yang dijembatani oleh Pemerintah Kabupaten Dairi melalui instansi terkait.
5. Terangkumnya berbagai permasalahan maupun penyelesaiannya untuk bahan pembuatan kebijakan dimasa depan.”
NURSIDA menambahkan, nara sumber yang memberikan materi dalam sosialisasi sebanyak lima orang yaitu Pimpinan Cabang Bank SUMUT, BRI dan Bank Perkreditan Rakyat dengan materi Peranan Bank dalam Mewujudkan Kerja Sama Strategis, Perkreditan bagi para pengusaha, Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Kabupaten Dairi dengan materi Penguatan usaha kecil dan menengah dalam menopang perekonomian bangsa, serta Kepala Dinas KOPERINDAGKOP Kabupaten Dairi dengan materi Pengembangan Potensi Bisnis di Kabupaten Dairi. Peserta sosialisasi berjumlah 100 orang yang terdiri dari para pengusaha besar, kecil dan menengah di Kabupaten Dairi. (K-8).

No comments :