ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Thursday 27 March 2008

Hot Spot di Sidikalang

Masyarakat Kota Sidikalang akan Nikmati Acces Internet Tanpa Kabel

Keinginan Bupati Dairi untuk “memelekkan” (membuka) Kabupaten Dairi dari Internet seperti tulisan Kirana pada edisi 13 yang lalu, sesungguhnya membutuhkan berbagai persiapan dan keseriusan, selain sumber daya aparatur yang handal. Diperlukannya SDM Aparatur yang memahami komunikasi dunia maya (tidak nyata) via internet ini selain agar rencana pembangunan jaringan informasi melalui media internet dapat di susun secara sistematis, manfaatnyapun dirasakan khususnya mempermudah birokrasi di pemerintahan dan penyebaran informasi pelayanan masyarakat. Tulisan kedua menyahuti rencana pembangunan Jaringan Informasi di Kabupaten Dairi yang berbiaya 2,3 Milyar pada APBD Tahun 2008 ini, kembali Kirana mewawancarai mantan Kepala Seksi Pengolahan Data Elektronik Kabupaten Agam (Sumatera Barat) yang kini menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Pemerintahan & Pertanahan pada Bagian Tata Pemerintahan Setda. Kabupaten Dairi – Robert H. Ginting,AP,M.Si. Berikut petikannya :

Apa keuntungan yang didapatkan PNS dengan adanya acces internet ?

Banyak, diantaranya, dalam hal adminsitrasi resmi kantor. Camat yang jauh seperti Gunung Sitember dan Silahisabungan, jika ingin mengirimkan surat dinas, cukup dengan email (surat elektronik) yang dikirim via internet. Sehingga, dalam waktu hitungan detik, operator yang ditugaskan akan mencetak (memprint) surat tersebut dan didistribusikan kepada pimpinan. Seandainya, Camat membutuhkan informasi, misalnya tentang pertanian, kehutanan maupun keuangan, dapat langsung mengirim surat ke instansi terkait. Tentunya, operator internet di instansi bersangkutan akan mencetak dan kemudian memrposesnya sesuai ketentuan sampai ke pimpinan unit kerjanya.
Selain email, apakah ada cara komunikasi lain sesama intansi ?
Ada, kita dapat mempergunakan sistem chatting online (berhubungan langsung) via program MiRC, dan dengan bantuan kamera atau web camera, kita dapat melihat langsung dengan siapa kita berhubungan atau chatting. Selain itu, dengan penambahan alat kita juga dapat memfungsikan acces internet ini untuk menelepon tanpa pulsa. Kalau misalnya pimpinan ingin mengadakan rapat, bisa saja online melalui internet dan komunikasi atau rapat dapat dilakukan secara langsung.

Bagaimana dengan keuntungan yang akan diperoleh masyarakat ?

Pada tahap awal, khususnya di Kota Sidikalang dan radius 20 kilometer, dapat menggunakan wire less internet artinya, dengan bermodalkan laptop atau komputer yang memiliki kemampuan menangkap sinyal internel dari Hot Spot (titik acces internet) akan dapat mengakses internet. Selain itu, masyarakat yang diperantauanpun dapat dengan mudah berkomunikasi murah melalui email dan chatting. Khusus untuk insan pers, tidak perlu lagi pusing mem-fax berita ke kantor Koran-nya, dengan acces internet ini sangat mudah mengirimkan berita lengkap dengan foto-foto kegiatan.

Keuntungan lain ?

PNS dan masyarakat dapat dengan mudah mengetahui perkembangan berita nasional dan dunia melalui acces internet dengan membuka situs-situs berita atau apa saja. Tidak itu saja, bagi pelajar yang ingin mencari soal-soal, ilmu pengetahuan dan lainnya dapat dengan mudah mencarinya di dunia maya ini. Kalau kita memiliki teman atau ingin mencari teman di kota mana saja di dunia ini, dengan mudah akan kita dapatkan dengan fasilitas chatting tadi. Artinya, gudang pendidikan seperti internet akan dapat kita jelajahi dengan hitungan detik.

Fitur atau apa saja yang akan di buat dalam jaringan yang akan dibangun?

Selain memperbaharui website Kabupaten Dairi, kita juga merancang website intranet. Website intranet ini terdiri dari kolom-kolom sesuai dengan unit kerja yang ada di Kabupaten Dairi. Misalnya, di content atau kolom Sekretariat Daerah ada sub kolom Bagian Tata Pemerintahan. Pada sub kolom Bagian Tata Pemerintahan, staf atau operator Bagian Tata Pemerintahan akan bertanggungjawab untuk mengisi serta meng-update (memperbaharui) data sesuai tugas pokok dan fungsinya. Artinya, kalau kita ingin mendapatkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Dairi, dari tahun 2004 sampai 2007 atau Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah atau Rencana Strategis Sekretariat Daerah; tinggal klik saja di situ. Demikian juga kalau kita ingin mengetahui informasi tentang cara mengatasi penyakit tanaman pisang, misalnya, kita tinggal klik saja kolomnya Dinas Pertanian. Begitu seterusnya.

Kalau untuk program atau sistem khusus, apa ada yang akan dibuat ?

Ada. Direncanakan, akan di buat sistem seperti Government Information System (GIS) atau sistem informasi pemerintahan. Contohnya begini, melalui peta sebuah peta Kabupaten Dairi, akan tergambar 15 kecamatan, ketika kita klik satu kecamatan misalnya, akan tergambar seluruh desa atau kelurahan yang ada di kecamatan itu. Kita klik desa, akan muncul data-data potensi wilayah, luas wilayah, jumlah penduduk, sejarah dan sebagainya. Yang lebih penting dalam pengembangan selanjutnya, saat kita mengklik desa akan tergambar dusun atau lingkungan sekaligus seluruh rumah penduduk yng ada, dan ketika kita klik rumah saya misalnya, akan digambarkan nama saya siapa, nama isteri, anak ada berapa, nomor KTP berapa, PBB-nya sudah lunas atau belum, pokoknya semua informasi kependudukanlah.

Bagaimana dengan keuntungan yang diperoleh pelajar ?

Mungkin tahapan berikutnya, diluar sekolah atau siswa mengakses internet gratis melalui hot spot, kita akan memprogramkam internetisasi di sekolah-sekolah. Jika ini berjalan nanti, diharapkan juga para guru memotivasi siswa untuk mengakses internet dengan memberikan tugas-tugas yang jawabannya ada di internet. Atau, dapat saja siswa mengerjakan soal atau tugas dan mengirimkannya ke email guru, sang guru tinggal mudah mengkoreksinya, walau ia sedang berada di rumah atau dimana saja.

Apakah masalah SDM pengelola sudah dipersiapkan?

Dalam anggaran pembuatan jaringan, sudah dianggarkan pelatihan-pelatihan untuk itu walau tidak secara keseluruhan dan bertahap. Tapi, kita akan bentuk Tim seperti Konsultan inti dari unsur aparatur Pemerintah Kabupaten Dairi yang dapat dipanggil kapan saja untuk membimbing atau memberikan pencerahan kepada aparatur.

Bagaimana kecepatan acces yang akan diperoleh ?

Karena menggunakan acces inter via satelit bukan telkomnet instan, tentu kecepatannya bisa mencapai 5 sampai 8 kali kecepatan internet di warnet-warnet yang memakai acces provider (penyedia jasa layanan) internet tertentu.
Apakah tidak terlalui sulit membangun jaringan internet karena topografi Dairi ?
Tentu kita akan menyikapinya dengan mendirikan tower-tower, kira-kira pemahamannya sama seperti tower jaringan telepon.

Wawancara Kirana dengan PNS lulusan S-2 Universitas Indonesia (tahun 2001) ini masih akan bersambung pada edisi selanjutnya. (K-4).

2 comments :

Anonymous said...

ya kl gitu sih bagus-bagus ja sih. tapi perlu kita semua ketahui, bagai mana pengawasan terhadap Fasilitas ini, karena kebayakan fasilitas-fasilitas umum yang ada di Sidikalang disalah gunakan oleh beberapa pihak tertentu. Karena akan sia-sia bila Fasilitas sebagus ini jadi dibangun akan hancur di kemudian hari.
Salam Perubahan
Jenderal PERMADAS-I
'B. Dasuha Purba'

Viva PERMADAS-I

Anonymous said...

Betoel! Betoel..
Daku Juga pingin bisa ngenet dirumah..
Moga-moga aja cepet-moga kejadian.amiiiiiiinnn...