ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Thursday 20 March 2008

Jamaah Haji Dairi

Bupati Dairi-DR.M.P.Tumanggor,DESS beserta unsur MUSPIDA Kabupaten Dairi (9/1) menyambut kedatangan 11 Jamaah Haji yang berasal dari Kabupaten Dairi di Masjid Agung Sidikalang. Acara yang berlangsung sekitar pukul 12.30 WIB tersebut dihadiri keluarga para Jamaah Haji serta beberapa anggota DPRD Kabupaten Dairi, unsur Muspida, kepala dinas, badan, kantor dan bagian di jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi. Acara yang berlangsung khidmat ini diawali penyampaian kesan dan pesan dari mewakili rombongan Jamaah Haji Dairi, H.Jainuddin Ujung. Ia menuturkan kondisi Saudi Arabia yang sangat bersih karena hampir setiap jam dibersihkan, kemudian keamananpun terjamin. “Kalau ada yang kesasar (tersesat,red) akan diantar langsung ke perkemahannya dan tidak ada yang kecurian” tegasnya. H. Jainuddin Ujung bertutur perjalanan menunaikan ibadah Haji selama 40 hari hanya tidur rata-rata 2 jam per hari dan yang melelahkan para jamaah haji dalam menjalankan ibadah dituntut berjalan sekitar 10 kilometer setiap hari. Kondisi cuaca yang sangat panas sedikit banyak mempengaruhi kesehatan terutama flu dan menurutnya hanya hewan onta yang tidak batuk. Saat perjalanan menuju Madina perjalanan dilakukan sepanjang 7 kilometer itupun dilakukan sambil berlari-lari kecil sehingga tubuh menjadi lelah tetapi karena niat beribadah tidak menjadi halangan, tambahnya.

Ketua DPRD Dairi – Leonard S. Samosir,BA dalam sambutannya meminta kepada seluruh umat beragama untuk terus menjaga kerukunan hidup beragama di Kabupaten Dairi dengan menjalankan ibadahnya sesuai ajaran agama masing-masing, kemudian lebih meningkatkan toleransi, kerukunan dan kepedulian dengan sesame ciptaan Tuhan. Ia juga berpesan kepada generasi muda yang banyak hadir pada saat itu untuk lebih serius beribadah dan melaksanakan agamanya agar kerukunan agama terjalin lebih kompak. Sementara itu Bupati Dairi – DR. M.P. Tumanggor,DESS menyampaikan keharuannya, berikut petikan sambutannya “Para jamaah haji yang saya cintai, perjalanan selama 40 hari untuk beribadah tentu sangat melelahkan dan pasti meneteskan air mata dalam kesungguhan beribadah. Mudah-mudahan apa yang didapatkan dalam beribadah mendekatkan diri kepada sang Pencipta alam semesta bisa di contoh yang muda, dan saya yakin karena kuasa Tuhan keragaman ada, puji syukur sebab semua kembali dengan selamat “ ujar Bupati Dairi yang suka menyanyi ini.

Salah seorang keluarga Jamaah Haji dari marga Ujung menyatakan kekagumannya kepada Pemerintah Kabupaten Dairi dan unsur Muspida juga DPRD Kabupaten Dairi, yang kompak dan memberi perhatian terhadap Jamaah Haji Kabupaten Dairi, tetap meluangkan waktunya bersama para Jamaah Haji Turut mulai dari proses pemberangkatan (tepung tawar, red) sampai penyambutan sepulangnya dari melaksanakan ibadah Haji. Ia juga berharap, agar kerukunan umat beragama di Kabupaten Dairi tetap terajut dan difasilitasi. Acara penerimaan Jamaah Haji ini juga di hadiri Pengurus MUI Kabupaten Dairi, Pengurus IPHI, Ormas Islam, para Alim Ulama, dan para Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Dairi. (K-8)

No comments :