ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Sunday 27 November 2011

PERINGATAN HARI GURU NASIONAL

BUPATI DAIRI - KRA. Johnny Sitohang Adinegoro bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia yang ke-66 , Jumat, 25 November 2011 bertempat di lapangan SMP Negeri 1 Sidikalang. Hari Guru Nasional juga merupakan hari kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), sebagaimana telah ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang kemudian dimantapkan melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Dedikasi, tekad, dan semangat persatuan dan kesatuan para guru yang dimiliki secara historis tersebut perlu dipupuk, dipelihara dan dikembangkan sejalan dengan tekad dan semangat era global untuk masa depan bangsa. Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen dinyatakan bahwa guru wajib menjadi organisasi profesi guru. Guru harus menjaga solidaritas dan soliditas bersama komponen lainnya. Guru harus berupaya menjaga kebersamaan dan menghindari perpecahan antar sesamanya.

Diakhir upacara, Bupati Dairi langsung berinisiatif dengan berjabat tangan kepada bapak-ibu guru sekaligus memberikan ucapan selamat hari guru juga dilakukan penyerahan sekuntum bunga dari murid kepada masing-masing guru sebagai bentuk ucapan terima kasih atas segala jasa yang telah mereka berikan. Acara ini berlangsung sederhana dan hikmat. Acara ini juga menampilkan atraksi dari pada siswa-siswi seperti yang dilakukan dari siswa-siswi yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka dan Karate dan juga atraksi dari klub seni yang ada di SMP Negeri 1 seperti tarian dan nyanyian daerah. Disadur dari www.dairikab.go.id

No comments :