ROBERT HENDRA GINTING, AP, M.Si

Tuesday 3 January 2012

Pelantikan Persadaan Merga Silima di Desa Palding Kecamatan Tigalingga

Pada hari Rabu 29/11 pukul 20:00 WIB Pemerintah Kabupaten Dairi menghadiri acara pelantikan persadaan Merga Silima Desa Palding, Desa Sarintonu dan Desa Bertungen Julu yang diadakan di Desa Palding Kecamatan Tigalingga.Pelantikan ini di hadiri oleh Bupati Dairi KRA. Johnny Sitohang Adinegoro, Ketua Penggerak PKK Ny.Dumasi Sianturi, Wakil Bupati Irwansyah Pasi,SH, Kasdim 0206/Dairi Mayor Kav. Arwan Sembiring, Leonard Samosir (Anggota DPRD Kab. Dairi), Rahmatsyah Sitepu (Kakan. Kesbang),     Teruna Sembiring (Kabid. Dinas Perindagkop), Ramli Simatupang (Pengusaha Sukses Dairi), Pimpinan SKPD, Camat Tanah Pinem, Camat Gunung Sitember, Camat Tigalingga dan masyarakat tiga desa.
Persadaan Merga Silima merupakan persatuan atau perkumpulan daripada marga-marga yang ada di suku Karo, merga yang berarti marga dan silima berarti lima itu terdiri dari marga karo-karo, marga tarigan, marga ginting, marga sembiring dan marga perangin-angin. Acara yang diawali dengan Gendang Guro-guro aron dan Lagu Indonesia Raya itu dilanjutkan dengan laporan ketua panitia pelantikan yang pada sambutannya Beliau menyampaikan bahwa acara pelantikan persadaan merga silima ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya karo itu sendiri disamping daripada wadah untuk berkomunikasi dalam mendukung program pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Dairi itu sendiri. Kepala Desa Palding yang dimana bertindak sebagai tuan rumah menyampaikan ucapan terimasih kepada Bupati dan Wakil Bupati yang bersedia meluangkan waktunya untuk dapat hadir dalam acara pelantikan ini. Syarikat Sinulingga yang mewakili tokoh masyarakat juga berkesempatan menyampaikan ucapan terimakasih yang sebanyak-banyaknya serta penghargaan atas kehadiran Bupati,Wakil Bupati serta rombongan yang menyisihkan waktunya untuk menghadiri acara pelatikan merga silima ini,Beliau juga menghimbau masyarakat ke-tiga desa ini secara khusus untuk mau bekerjasama dengan Pemerintah baik Kabupaten maupun Kecamatan untuk membangun Kabupaten Dairi khususnya Kecamatan Tigalingga dan sekitarnya.

Bupati Dairi yang diberikan mandat sebagai penasehat umum Persadaan Merga Silima periode 2012-2014 ini menyampaikan rasa bahagia karena dapat diundang untuk melantik persadaan merga silima ini.Beliau juga menyampaikan kiranya dengan terbentuknya merga silima ini dapat menjadi wadah yang baik untuk melestarikan budaya karo, Beliau juga bangga dengan bercampurnya marga diluar suku karo didalam kepengurusan persadaan merga silima ini,yang membuktikan bahwa merga silima bukan hanya milik suku karo saja,melainkan milik semua orang yang mau dan mampu melestarikan budaya karo.Dalam kesempatan ini juga Beliau beserta Wakil Bupati menyerahkan sumbangan kepada panitia acara sebesar 10 juta rupiah.Setelah selesai sambutannya Beliau melantik secara simbolis pengurus persadaan tiga desa ini dengan menyerahkan petaka yang berupa tongkat berbendera ulos kepada ketua-ketua pengurus persadaan masing-masing desa.

Pada kesempatan ini Bupati Dairi dan Ibu serta Wakil Bupati dan Kasdim 0206/Dairi mengenakan pakaian adat karo yang menandakan mereka merupakan tamu kehormatan pada acara itu yang diberikan langsung di tengah acara oleh para tokoh masyarakat serta panitia yang ditunjuk. Acara Gendang Guro Guro Aron dan Pelantikan Persadaan Merga Silima ke-3 Desa di meriahkan oleh Perkolong Kolong Anita br. Sembiring, Pribadi Sinuhaji, Pedro Ginting dan Veronika br. Bangun.  Acara ini berlangsung selama 2 hari di mulai tanggal 28 - 29 Desember 2011. (Diedit dari www.dairikab.go.id)

No comments :